Ganti BPKB Kini Bisa Online

Ganti BPKB Secara Online – Jika sebelumnya Ditlantas Polda Metro Jaya telah menerapkan perpanjangan SIM (Surat Ijin Mengemudi) dan proses tilang secara online, kini penggantian BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) pun juga dapat diproses secara online. Proses secara online tersbeut menggunakan sistem yang bernama Integrated BPKB System.

Ganti BPKB Secara Online

Dalam hal ini, digitalisasi pelayanan BPKB secara online tersebut dilakukan untuk mengintegrasikan Ditlantas Polda Metro Jaya dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil), Agen Pemegang Merek (APM), dan perusahaan pembiayaan. Tujuan dari proses pelayanan BPKB secara online tersebut adalah agar bisa cepat, aman, dan transparan.

Situs pelayanan BPKB online tersebut dilakukan melalui situs bpkb.net. Melalui situs tersebut, maka pihak APM yang akan mendaftarkan BPKB baru, memblokir BPKB, dan juga apabila pemilik BPKB ingin mengganti data juga menggunakan situs tersebut.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Halim Paggara, sebagaimana dilansir dari laman KompasOtomotif, mengungkapkan bahwa hal tersebut sudah berjalan beberapa bulan dan semua data BPKB lama kini sudah masuk ke online. Dituturkan lebih lanjut, pihaknya juga sudah meminta data dengan Pemda (Pemerintah DKI Jakarta) agar semua dapat diproses.

Ketika ditanya kapan layanan BPKB online akan berlaku, Komisaris Besar Halim Paggara pun menyebutkan bahwa layanan tersebut tidak lama lagi akan siap digunakan, yaitu tepatnya pada tanggal 13 November nanti.

Dijelaskannya lebih lanjut, BPKB online tersebut akan dimulai dari kawasan hukum Ditlantas Polda Metro Jaya dan saat ini data manual BPKB yang ada di kepolisian sudah dipindahkan ke sistem online.

Pengubahan layanan secara digital atau online ini kini sedang giat-giatnya dilakukan oleh pihak kepolisian. Tentunya hal tersebut menimbulkan sisi positif dimana dapat memudahkan masyarakat dengan sistem kerja yang semakin terintegrasi dan menertibkan penyelewengan aturan.

Dalam hal ini masyarakat dapat memantau langsung proses layanan BPKB melalui situs tersebut. Selai itu, di dalam situs tersebut juga terdapat menu yang dapat digunakan oleh, masyarakat untuk menilai seluruh proses BPKB online.

Top