Pesaing Barunya Pakai Injeksi, KLX Akan Tetap Setia Pakai Karburator

Persaingan KLX dan CRF150L – KLX 150 milik Kawasaki baru saja mendapatkan pesaing baru dari Honda yakni Honda CRF150L yang diluncurkan kemarin. Kedatangannya ini pun menjadi sebuah hal menarik, pasalnya segmen motor trail 150cc di Tanah Air yang selama ini memang dipegang oleh Kawasaki nampaknya akan mulai terganggu dengan datangnya motor tersebut. Apalagi, beberapa perbedaan fitur juga ditawarkan motor ini guna menarik para calon konsumennya. Salah satunya adalah, penggunaan sistem bahan bakar yang sudah menggunakan injeksi pada CRF150L. Di mana, KLX diketahui memang masih menggunakan sistem pembakaran karburator.

Persaingan KLX Dan CRF150L

Namun, meskipun demikian Kawasaki rupanya tetap teguh dengan apa yang disematkannya pada motor trailnya tersebut. Bahkan dilansir dari KompasOtomotis, PT KMI mengatakan tidak tertarik untuk ikut-ikutan menggunakan sistem injeksi pada KLX series. PT Kawasaki Motor Indonesia mengungkapkan baik injeksi maupun karburator memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, sehingga hal tersebut yang membuatnya tetap teguh mempertahankan karburtor pada KLX Series.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Pemasaran PT KMI Michael Tjandra Tanadi. “Setiap teknologi ada plus minusnya. Injeksi ada plus minusnya. Demikian juga karburator,” kata Michale yang Mas Sena lansir dari KompasOtomotif. Lebih lanjut, terkait dengan harga CRF150L yang sangat bersaing ketat dengan KLX 150 pun berbagai pihak pun menyebut jika hal tersebut akan cukup berpengaruh pada KLX 150. Namun demikian, Michael mengatakan jika keunggulan suatu produk baru akan terlihat dari hasil penjualannya. “Jadi nanti kita lihat saja mana yang lebih diterima di masyarakat,” ucap Michael.

CRF150L sebelumnya sudah cukup lama dirumorkan akan meluncur di Indonesia sebagai pesaing kuat sang penguasa segmen ini yakni KLX 150. Di mana, motor tersebut memang menjadi motor trail pertama yang diproduksi sendiri oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Di mana, diketahui jika seri CRF Honda lain yang meluncur di Tanah Air memang di import dalam bentuk CBU dari luar negeri. CRF150 yang meluncur di Indonesia ini pun diklaim berbeda dengan CRF150 yang ada diluar negeri. Pasalnya, jika diluar negeri CRF150 memang hanya difokuskan untuk medan offroad, untuk di Indonesia Honda mendesainnya untuk medan offroad dan onroad.

Top