Perbedaan S-Cross Indonesia dengan India

Perbedaan S-Cross Indonesia dengan India – Diluncurkan pada hari Jum’at kemarin (10/11/2017), Suzuki S-Cross yang dihadirkan ke Indonesia melalui PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) merupakan S-Cross completely built-up (CBU) atau impor utuh dari India.

Perbedaan S Cross Indonesia Dengan India

Suzuki S-Cross terbaru tersebut pun spesifikasinya telah disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan konsumen di indonesia. Dilansir dari laman KompasOtomotif, Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran SIS pun menyebutkan bahwa terdapat beberapa mulai dari fitur hingga spesifikasi teknis mengenai mesin dan emisi gas buang.

Spesifikasi itu pun tentunya berbeda dengan spesifikasi S-Cross yang dipasarkan di India. Donny pun menjelaskan bahwa S-Cross di india sudah menerapkan EuroIV, sedangkan untuk S-Cross yang dipasarkan di Indonesia menggunakan Euroll. Meski demikian, S-Cross untuk pasar di Indonesia telah menerapkan emisi yang sama seperti halnya S-Cross di India. Pihak SIS pun mengaku sudah mempersiapkannya.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Donny, bahwa untuk jantung mekanis S-Cross Indonesia berbeda dengan S-Cross India, yaitu untuk Indonesia menggunakan mesin bensin berkapasitas 1500 cc, sedangkan untuk India hanya tersedia mesin diesel berkapasitas 1.300 cc. Terkait hal ini, hasil konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pun juga tidak sama.

Berdasarkan hasil tes uji coba konsumsi bahan bakar minyak, S-Cross yang dipasarkan di tanah air untuk versi manualnya 1 liter dapat digunakan untuk menempuh perjalanan sejauh 14,8 km, sedangkan untuk versi matik 1 liter dapat menembus perjalanan sejauh 14,4 km.

Donny pun menuturkan, bahwa untuk S-Cross yang dipasarkan di India, dirinya tidak mengetahui berapakah hasil uji coba BBM nya. Ditegaskan pula olehnya, bahwa fokus untuk S-Cross di Tanah Air menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.5 liter.

Untuk versi diesel 1.3 liter seperti yang diterapkan untuk S-Cross di India tersebut pun masih dilakukan studi di Indonesia, apakah sesuai dengan karakter konsumen crossover itu atau tidak. Donny pun menambahkan bahwa setiap produk yang diluncurkan oleh pihaknya disesuaikan dengan pasar atau regulasi yang ada di Indonesia.

Jika kita melihat perbedaan tersebut, tentunya S-Cross yang dipasarkan di Indonesia tidak terlalu memiliki perbedaan signifikan dibandingkan dengan S-Cross di India.

 

Top