Platform Renault Clio Akan Digunakan Oleh Penerus Mirage

Platform Renault Clio pada Penerus Mirage – Mitsubishi saat ini tengah menyiapkan mobil terbaru yang merupakan penerus city car andalannya, Mirage. Untuk melahirkan mobil baru tersebut, Mitsubishi pun menggandeng rekan satu aliansinya yaitu Renault.

Platform Renault Clio Pada Penerus Mirage

Penerus Mirage itu pun akan menggunakan platform dari Renault Clio, salah satunya yaitu untuk mesinnya. Tak dapat dipungkiri memang, dengan adanya kerjasama tersebut maka akan memperkecil biaya produksi dan riset, sebagaimana banyak dilakukan oleh produsen ternama dalam industri otomotif.

Dengan adanya kerjasama yang dimaksimalkan dalam sekutu Nissan, Mitsubishi dan Renault tersebut, maka Mirage anyar nantinya akan naik kelas ke segmen sub kompak B dan tentunya akan menantang pesaingnya, yaitu Ford Fiesta.

Vincent Cobee selaku Corporate Vice-President and Product Planning Head Mitsubishi, sebagaimana dikutip dari laman KompasOtomotif, menyebutkan bahwa untuk merancang dan membangun platform sangat mahal sedangkan margin di sektor mobil kecil cukup sedikit. Oleh karenanya, pihaknya pun sepakat untuk menggunakan platform Renault dan Nissan di segmen tersebut.

Diperkirakan akan tiba pada tahun 2018 mendatang, generasi Clio terbaru akan menggunakan platform baru dan Mitsubishi akan meminjam arsitektur tersebut, yaitu salah satunya dengan meisn turbo tiga silinder dari Renault tersebut.

Cobee pun menjelaskan lebih lanjut bahwa untuk meluncurkan SUV seperti Outlander generasi terbaru merupakan prioritas mendesak. Akan tetapi, mobil kecil di segmen B juga memiliki kontribusi setidaknya 30 persen permintaan global. Dituturkannya lagi bahwa akan sangat sulit untuk memenuhi peraturan emisi tanpa model supermini (Mirage).

Terkait dengan bakal dihadirkannya penerus Mirage ini, Lance Bradley selaku bos Mitsubishi Inggris pun menyebutkan bahwa dirinya meastikan pengganti Mirage nantinya akan memiliki varian EV (electronic vehicle) di masa yang akan datang.

Sejauh ini belum diketahui apakah mobil mungil city car tersebut akan diberi nama “Mirage” juga ataukah diberi nama lain sesuai dengan platform baru yang diusungnya. Hingga kini pun belum diketahui kapan mobil baru generasi baru Mirage tersebut akan diluncurkan. Kemungkinan besar mobil tersebut akan diluncurkan pada tahun 2018 mendatang.

Top