Fog Lamp Tak Sebatas untuk Mengatasi Kabut

Pasang Lampu Kabut – Keselamatan menjadi hal yang sangat penting di perjalanan. Apalagi, saat ini kita memang sedang dihadapkan pada musim hujan. Belum lagi ketika kita harus mobiling di wilayah yang tinggi. Jika hujan turun deras, suhu pun akan semakin turun, menjadi dingin, dan menimbulkan kabut. Penglihatan pun pasti akan sangat terbatas. Nah, disinilah kita akan sangat terbantu oleh fog lamp alias lampu kabut.

fog lamp tak sebatas mengatasi kabut

Namanya saja lampu kabut. Fungsi utamanya pastilah menambah daya pengelihatan di kala hujan. Aksesori yang satu ini biasanya ditawarkan sejumlah dealer mobil ketika anda membeli unit baru. Sementara bagi anda yang mobilnya belum dilengkapi dengan lampu kabut, ada baiknya menambah aksesori ini untuk meningkatkan keselamatan. Ternyata, fog lamp yang lebih ideal menggunakan bohlam halogen. Hal ini disebabkan karena daya pandang saat hujan atau berkabut, daya tembus cahaya kekuningan lebih baik ketimbang putih.

Tapi tunggu dulu! fog lamp ternyata punya fungsi lain, diluar manfaatnya untuk membantu penglihatan pada jalanan yang berkabut.  Fog lamp dapat meningkatkan visibilitas pengendara di malam hari sekalipun tidak ada kabut. Artinya, lampu ini bisa berfungsi sebagai tambahan penerangan dari lampu utama. Fog lamp ditempatkan di bagian bawah muka mobil, biasanya di bemper. Sehingga meskipun memiliki intensitas cahaya yang relatif tinggi, tidak akan mengganggu pandangan pengendara lain dari arah depan. Nah, Ini pastinya menjadi opsi yang lebih bijaksana daripada menggunakan lampu sorot yang tidak semestinya, atau mengganti bohlam lampu depan dengan yang jauh lebih tinggi wattnya kan?

Selain menunjang fungsi komponen lain, lampu kabut juga akan membuat tampilan muka mobil anda lebih yahud! Setidaknya daripada anda membiarkan slot untuk fog lamp di bemper kosong. Umumnya varian mobil yang aslinya tidak dilengkapi fog lamp menyediakan slot tempat lampu fog lamp, sehingga pemilik dapat memasang fog lamp sebagai aksesori tambahan tanpa harus melakukan modifikasi bemper. Sebagian orang bahkan mengganti fog lamp dengan yang lebih mahal atau menambahkan garnish fog lamp untuk membuat mengubah tampang mobilnya menjadi berbeda. Keren kan?

Bagaimana, tertarik menambahkan fog lamp pada mobil anda? Di pasar, terdapat berbagai pilihan lampu kabut purna jual. Beberapa produk buatan China dibanderol antara Rp 400.000-Rp 600.000 sepasang. Sedangkan untuk fog lamp buatan Taiwan, dibanderol harga sekitar Rp 700.000-Rp 1 juta per pasangnya. Harga yang dipatok pastinya tergantung pada jenis mobil. Tapi yang jelas, aksesoris ini bukan sekedar komponen tanpa guna kan? Fungsinya akan menjadi alasan yang lebih penting untuk menyematkan fog lamp pada kendaraan anda. Baca juga Mobil Listrik Tesla Akan Tersedia Di Indonesia dan Aston Martin Terekstrim.

  • Resko Ardiyanto

    lampu kabut emg berguna banget, bro. apalagi pas ujan atau badai. sebaiknya mobil kita wajib dilengkapi oleh lampu kabut ini

Top