Honda Belum Yakin Memproduksi Motor Listrik di Indonesia

Honda Belum Yakin Produksi Motor Listrik di Indonesia – PT Astra Honda Motor (AHM) dikabarkan belum yakin untuk memproduksi sepeda motor listrik atau pun hibrida di Indonesia. Hal tersebut karena terkendala dengan belum menemukan solusi atas resiko yang kemungkinan terjadi.

Honda Belum Yakin Produksi Motor Listrik Di Indonesia

Dilansir dari laman KompasOtomotif, Toshiyuki Inuma selaku Presiden Direktur AHM, menjelaskan bahwa salah satu masalah produksi motor listrik di indonesia yaitu terkait biaya dan produksi. Dikatakannya lebih lanjut bahwa komponen pada motor listrik seperti baterai, penggerak listrik, dan unit kontrol manajemen sistem harganya tidak murah.

Dijelaskannya lebih lanjut bahwa terdapat cara untuk menekan biaya produksi, yaitu dengan mengorbankan performa, akan tetapi hal itu bukanlah pilihan yang ingin diambil oleh AHM. Ditambahkannya bahwa pihaknya ingin motor listrik buatannya tersebut performanya setara atau bahkan melebihi motor bensin.

Meski AHM telah mendapatkan solusi dari kendala biaya produksi, namun ada masalah lainnya yang turut menghadang. Pabrikan sepeda motor terbesar di Indonesia tersebut khawatir peta industri motor di tanah air berubah menjadi masuk ke era motor listrik.

Jika kita melihat peta industri motor di Indonesia, khususnya dari pabrikan Honda, semua sepeda motor lansiran Honda adalah bermesin bensin yang diproduksinya melibatkan ratusan pemasok komponen.

Apabila nantinya Honda memproduksi motor listrik atau hibrida, pastinya pekerja pabrik akan terancam kehilangan pekerjaan dan produksi motor bermesin bensin akan terganggu. Selain itu, ratusan pemasok konsumen pun juga akan kehilangan pendapatannya.

Inuma pun menjelaskan lagi bahwa dengan adanya produksi motor listrik tersebut, kondisi industri motor di tanah air akan semakin positif, namun tentunya juga akan muncul berbagai masalah negatif.

Dengan adanya kekhawatiran dimana produksi motor listrik tersebut akan mengganggu produksi motor bermesin bensin, Inuma pun menyatakan bahwa pihaknya sangat berhati-hati dan memikirkan dengan benar agar jangan sampai terjadi kondisi negatif sesuai perkiraannya tersebut.

Sejauh ini belum diketahui kapan pabrikan terbesar industri motor di tanah air tersebut  akan siap memproduksi motor listrik di Indonesia, namun seiring dengan perkembangan zaman bisa saja Honda memproduksi motor listrik di Indonesia.

 

Top