Harga Honda CB300R, Review, Spesifikasi & Gambar November 2017

Harga Honda CB300R dan Spesifikasi – Bersamaan dengan ajang EICMA 2017 di Italia yang diselenggarakan pada 6 November 2017 lalu, akhirnya Honda CB300R pun resmi diluncurkan sebagai motor naked bergaya Neo Sport Café. Sekilas, memang motor naked ini mirip dengan CB250R yang sudah dijual di Tanah Air. Namun, hanya saja untuk varian yang baru diluncurkan tersebut dibekali dengan mesin silinder tunggal sebagaimana pada varian motor sport CBR300R. Di sisi lain, dihadirkannya Honda CB300R ini maka sangat dimungkinkan bahwa untuk versi lain CB300R dengan mesin 250cc bakal mengisi tempat di Indonesia yang ditinggalkan Tiger sejak diputuskan pensiun pada 2014. Dengan kata lain, varian terbaru Honda CB300R ini secara tak langsung akan memancing munculnya Sang Maestro Honda Tiger Series yang sempat melegenda di pasar Tanah Air. Selain itu, untuk harganya sendiri, model naked buatan Honda ini tampaknya juga akan dibanderol dengan nominal cukup tinggi. Wajar, mengingat nantinya motor yang mengusung nama Honda CB300R ini akan hadir dengan membawa spesifikasi unggul dan fitur-fitur yang canggih.

Honda CB300R

Di sisi lain, memang rancangan yang dibawa dari Honda CB300R ini sengaja dibuat seperti versi kecil CB1000R terbaru yang juga mengusung konsep desain “Neo Sport Café”. Sehingga, tak heran jika penampilan motor ini tampak begitu gagah dan elegan dengan kesan premium yang begitu terlihat kuat. Sementara itu, untuk soal performanya sendiri, seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa Honda akan melengkapi Honda CB300R ini dengan mesin silinder tunggal yang sudah digunakan pada CBR300R. Spesifikasi detailnya mengadopsi mesin 286cc bertenaga yang dinilai juga cukup bertenaga untuk sekelas motor naked. Tak hanya itu saja, bahkan pabrikan asal Negeri Bunga Sakura Jepang ini pun juga diketahui telah melengkapi motor Honda CB300R tersebut dengan ragam fitur yang dinilai cukup canggih dan fungsional sebagai pelengkap untuk melengkapi kecanggihan serta kehandalannya dalam bersaing melawan para kompetitornya. Nah, buat kawan-kawan yang sudah penasaran dengan naked bike ini, silahkan simak saja ulasan mengenai spesifikasi dan harga Honda CB300R yang akan dijelaskan secara detail di bawah ini!

Motor Honda CB300R

Review Honda CB300R

Desain

Motor Naked Usung Konsep Desain “Neo Sport Café”

Di awal ulasan kali ini, kita akan awali dengan pembahasan mengenai sektor eksterior atau desain fisik yang dibawa spesifikasi Honda CB300R. Jika kita lihat sekilas, tampak bahwa motor yang baru diluncurkan di ajang EICMA 2017 ini membawa konsep desain Neo Sport Café yang mana memadukan antara unsur sporty dan klasik. Sehingga, membuat tampilan fisik dari motor ini pun tampak begitu gagah dan unik. Dari depan, tampak desain headlamp bulat dengan teknologi LED yang mengesankan kesan klasik-modern. Dengan begitu maka tak heran bahwa Honda CB300R ini selain memiliki tampilan unik, tentu dengan teknologi LED tersebut akan membuat pencahayaan kian terang dan maksimal, apalagi saat dikendarai di waktu malam hari. Sementara itu, di sektor bodi samping terlihat sebuah tangki bahan bakar yang cukup besar dengan daya tampung kapasitas hingga 10 liter. Di mana, tangki pada Honda CB300R tersebut dibuat dengan lekukan yang cukup tajam sehingga mengesankan bahwa motor ini berotot. Di lain sisi, pada bagian bawa tangkinya juga tampak sebuah rangka tulang kokoh yang menutup susunan mesinnya sehingga memberikan kesan desain Honda CB300R yang tampak lebih sporty dan gagah. Tak sampai di situ saja, bahkan pada jok yang dibawa CB300R pun dibuat sedikit bertingkat antara jok pengemudi dan jok penumpang dengan bentuk cukup lebar namun posisinya sedikit meninggi dan meruncing ke belakang. Sehingga, dengan desain jok tersebut maka akan membuat tampilan Honda CB300R ini semakin terkesan sporty dan membuat pengendaranya pun merasa nyaman ketika mengemudikan motor naked ini. Sementara itu, tak ketinggalan pula bahwa motor ini pun juga telah melengkapi sektor belakangnya dengan tail light yang juga sama-sama menggunakan teknologi LED. Sehingga, secara keseluruhan pun bisa dipastikan bahwa desain eksterior yang diusung pada spesifikasi Honda CB300R ini akan membuatnya kian menawan bagi para penggemar naked bike.

Spesifikasi Honda CB300R

Speedometer

Dibekali Instrumen Indikator Modern Full Digital

Selain tampilan desain eksteriornya, Mas Sena kali ini pun juga akan menilik sektor panel instrumen atau speedometer yang dibawa spesifikasi Honda CB300R. Sebagai salah satu motor naked sporty modern tentu saja sektor panel indikator yang disematkan pun turut menjadi salah satu perhatian pihak pabrikan. Di mana, untuk mengimbangi konsep retro-modern, kali ini Honda CB300R akan mengusung speedometer yang mengusung panel full digital dengan menampilkan layar LCD background biru. Pada layar LCD dari panel digital yang dibawa Honda CB300R tersebut, tampak beberapa informasi penting yang diperlihatkan. Beberapa di antaranya seperti kecepatan dalam hitungan Km/jam, odometer, tachometer, indikator bahan bakar, dan jarak yang sudah ditempuh. Tak sampai di situ saja, bahkan speedometer atau instrumen indikator dari Honda CB300R ini juga akan dilengkapi dengan beberapa lampu indikator yang tersematkan di atas panel digital. Antara lain, seperti indikator lampu netral, lampu sein, indikator lampu jarak jauh/lampu tembak, notifikasi kapasitas oli dan bahan bakar. Tentu saja dengan semua kombinasi yang dibawa speedometer pada spesifikasi Honda CB300R tersebut akan membuat pengendaranya lebih mudah memahami kondisi motor yang tengah dikendarainya.

Spesifikasi Motor Honda CB300R

Dimensi

Naked Bike dengan Dimensi Besar dan Ground Clearance Tinggi

Beranjak ke segmen lain, di sesi ini kita akan membahas sektor dimensi rangka yang diusung spesifikasi Honda CB300R. Memang, dari tampilan eksteriornya sebenarnya sudah cukup jelas bagaimana gaya desain dari motor ini tampak begitu bongsor dan gagah. Nyatanya, kesan desain tersebut juga tak lepas dari rangka pembentuk bodinya yang mengusung jenis frame Steel Diamond yang sangat kuat namun ringan. Di mana, rangka yang dibawa Honda CB300R tersebut membentuk bodi dengan ukuran panjang 2012 mm, lebarnya 802 mm, tingginya 1052 mm, dan untuk wheelbase 1352 mm serta memiliki bobot hingga 143 Kg. Apabila kita menilik ukuran, wheelbase dan bobotnya tersebut maka sebuah kewajaran jika motor naked Honda CB300R ini memiliki tampilan yang terkesan sangat gagah dan berotot. Apalagi, ground clearance pada motor ini juga dibangun dengan ukuran 151 mm. Dengan ukuran ground clearance yang tinggi tersebut maka pengendara pun bisa melewati berbagai medan jalan, baik jalan perkotaan, pedesaan maupun semi-offroad tanpa perlu khawatir bagian bawah Honda CB300R tergesek batu atau jalan. Sedangkan di sisi lain, untuk tinggi joknya setinggi 799 mm yang dirasa cukup ideal untuk pengendara, namun dirasa cukup tinggi untuk mayoritas orang-orang Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dengan begitu maka tak heran jika sektor dimensi pada spesifikasi Honda CB300R ini menjadi salah satu sektor yang cukup diunggulkan.

Review Honda CB300R

Suspensi

Dilengkapi dengan Sokongan Kaki-Kaki Kokoh Jaga Keseimbangan Tetap Maksimal

Tak hanya dimensinya saja melainkan pada kaki-kaki dari spesifikasi Honda CB300R pun juga tak kalah kokohnya. Hal itu pastinya tak lepas dari fungsi kaki-kaki sebagai penopang dan menjaga keseimbangan motor. Oleh sebab alasan tersebut maka kali ini motor ini pun bakal hadir dengan membawa suspensi berupa 41mm telescopic fork, 130 mm stroke di sektor kaki-kaki depan. Sedangkan, untuk kaki-kaki belakang, Honda CB300R ini akan menggunakan tipe Monoshock damper, Pro-Link swingarm, 107 mm travel. Keduanya suspensi tersebut sama-sama sanggup meredam maupun menjaga keseimbangan motor sehingga kenyamanan dalam berkendara pun bakal kian terasa oleh pengemudi maupun penumpangnya. Sementara itu di sisi lain, tak lupa pula bahwa pada bagian kaki-kaki dari Honda CB300R ini akan dilengkapi dengan velg sporty yang berukuran 17 inci. Di mana, velg tersebut akan dilengkapi dengan balutan ban 110/70 R17 M/C 54 H untuk bagian depan dan untuk sektor belakang akan menggunakan ban berukuran 150/60 R17 M/C 65H. Tak hanya itu saja, bahkan Honda CB300R ini pun juga akan dilengkapi rem tangguh yang sudah menggunakan teknologi pengereman berupa ABS 2 Channel yang dipastikan akan membuat pengeremannya menjadi lebih sempurna. Tentu saja, hal tersebut menjadi salah satu keunggulan yang sangat menjanjikan dari spesifikasi Honda CB300R untuk bersaing di pasar otomotif global.

Harga Motor Honda CB300R

Mesin

Dipersenjatai Mesin Silinder Tunggal Berkapasitas 286 cc Hasilkan Performa yang Handal

Setelah kita mengulas sisi dimensi dan kaki-kakinya, kini waktunya bagi Mas Sena untuk menilik lebih dalam lagi terkait spesifikasi Honda CB300R, yakni pada sektor permesinannya. Perlu diketahui bahwa naked bike yang membawa konsep Neo Sporty Café ini merupakan moge yang cukup handal dan berbekal teknologi canggih. Oleh karena itu maka Honda pun tak akan melengkapi naked bike garapannya ini dengan mesin yang “biasa-bisa” saja. Melainkan akan membekali Honda CB300R ini dengan mesin silinder tunggal berpendingin cari (Liquid Cooled) dan memiliki kapasitas kubikasi hingga 286 cc. Di mana, mesin yang dibawa oleh motor tersebut akan dilengkapi dengan sistem transmisi manual 6 percepatan Wet, multiplate hydraulic clutch. Sehingga, tenaga yang dihasilkan Honda CB300R ini memang akan sangat handal, yakni sanggup menghasilkan power maksimal hingga 23.1 kW per putaran 8.500 rpm dan sanggup mencapai torsi puncak di titik 27.5 Nm per 7.500 rpm. Belum lagi dengan akselerasinya yang sanggup mencapai 30.2 Km per liter. Power Honda CB300R tersebut menjadi sebuah hasilan power dan torsi yang Mas Sena rasa sangat handal untuk sekelas naked bike 300 cc. Di sisi lain, sektor dapur pacu pada motor ini pun juga sudah mengandalkan sistem injeksi PGM-FI yang akan sanggup menghemat konsumsi bahan bakar dengan perbandingan 10.7:1. Sehingga, tak heran jika mesin pacu pada spesifikasi Honda CB300R ini sanggup memberikan performa super handal dan tangguh serta ramah lingkungan.

Fitur

Membawa Ragam Fitur Handal nan Fungsional

Selain memiliki performa yang sangat handal, tak lupa pula bahwa spesifikasi Honda CB300R ini pun juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur yang dinilai cukup handal dan fungsional. Tentu saja, fitur-fitur yang dibawanya pun sangat bermanfaat dalam menjamin kenyamanan maupun keselamatan pengguna. Beberapa fitur yang dibawa Honda CB300R ini antara lain seperti fitur rem ABS 2 Channel with IMU yang sudah dipastikan bakal mempermudah pengendara dalam mengendalikan laju motor ini maupun ketika terjadi rem dadakan tanpa membuat ban terkunci. Tentu saja, hal tersebut akan membuat keselamatan penumpang dan pengendaranya lebih terjamin. Sementara itu, tak ketinggalan juga bahwa Honda CB300R ini juga dilengkapi dengan fitur berupa panel indikator full digital yang ditampilkan melalui layar LCD modern yang sangat informatif. Selain itu, motor ini pun juga sudah dilengkapi dengan suspensi handal berupa Telescopic Fork dan Monoshock Damper yang mana kedua suspensi pada Honda CB300R ini akan meredam setiap goncangan atau getaran ketika melalui jalan berlubang serta membuat keseimbangan motor kian terjaga. Sehingga, dipastikan akan membuat pengendaranya kian merasa nyaman-nyaman saja. Nah, dengan segala fitur-fitur yang diusung spesifikasi Honda CB300R tersebut, tentunya tak heran jika harganya akan dibanderol dengan angka yang cukup tinggi.

Spesifikasi Honda CB300R

Mesin
Tipe Mesin Liquid-cooled single cylinder
Kapasitas 286cc
Diameter x Langkah 76mm x 63mm
Rasio Kompresi 10.7:1
Tenaga Maksimal 23.1kw/8500rpm
Torsi Maksimal 27.5Nm/7,500rpm
Karburasi PGM-FI
Tingkat Konsumsi BBM 30.2km/liter
Kapasitas Bahan Bakar 10.0L
Transmisi 6-speed
Dimensi
Panjang 2012 mm
Lebar 802 mm
Tinggi 1052 mm
Jarak Sumbu Roda 1352 mm
Tinggi Jok 799 mm
Jarak Terendah 151 mm
Berat 143 kg
Kaki-kaki
Tipe Rangka Steel diamond frame
Suspensi Depan 41mm telescopic fork, 130mm stroke
Suspensi Belakang Monoshock damper, Pro-Link swingarm, 107mm travel
Ban Depan 110/70R17M/C 54H
Ban Belakang 150/60R17M/C 65H
Rem Depan 296mm hubless floating disc with radial-mount Nissin 4-piston caliper
Rem Belakang 220mm disc with single piston caliper

Harga Honda CB300R

Kawan-kawan pasti sudah tak sabar ingin tahu harga Honda CB300R ini kan? Nah, di segmen terakhir ini, Mas Sena akan berbagi info soal berapa banderol untuk memboyong naked bike buatan Honda ini. Akan tetapi, sebelumnya kita pahami kembali bahwa sebagai salah satu motor naked yang memang dihadirkan dengan konsep “Neo Sporty Café” tak heran jika Honda CB300R ini tampil dengan desain yang terlihat unik. Sementara itu, mesin pacunya sendiri juga sudah menggunakan PGM-FI berkapasitas 286 cc silinder tunggal dengan hasilkan power maupun torsi yang tak akan mengecewakan. Sebuah spesifikasi yang pastinya akan berdampak atau berpengaruh pada harga Honda CB300R ini. Selain itu, beberapa fitur pun juga turut serta dibenamkan untuk melengkapi kecanggihannya dalam bersaing dengan para kompetitornya. Lalu, dengan berbagai keunggulan mulai dari desain hingga mesin yang diusungnya tersebut berapa harga Honda CB300R ini?

Harga Honda CB300R

Harga Honda CB300R Terbaru

Tampaknya, harga Honda CB300R ini masih menjadi sebuah pertanyaan yang belum ada jawabannya. Memang, suatu fakta yang cukup disayangkan, wajar mengingat pihak produsen masih merahasiakannya meski sudah diperkenalkan. Namun, sebagai pembanding bahwa yang bakal menjadi pesaingnya adalah Ninja 300 yang dibanderol 90 jutaan. Sehingga, bukan hal yang salah jika harga Honda CB300R ini diprediksi akan dibanderol pada kisaran Rp 90 jutaan sampai Rp 100 jutaan. Memang, sebuah nominal yang dirasa sangat mahal namun juga sebanding dengan spesifikasi yang dibawanya. Pasalnya, seperti yang sudah Mas Sena katakan diawal tadi, Honda CB300R ini memang membawa spesifikasi dan desain yang begitu mumpuni. Apalagi dengan konsep Neo Cafe Racer yang dibawanya membuatnya berbeda dengan motor 300cc lainnya. Apakah dengan informasi prediksi harga Honda CB300R di atas, kawan-kawan sudah cukup puas?

Harga Honda CB300R
Rp 90.000.000,- s/d Rp 100.000.000,- (perkiraan)
Daftar Harga Motor Honda

Catatan : 

  • Harga motor Honda CB300R di atas merupakan harga perkiraan semata
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Honda CB300R

Selain mahal, tampaknya prediksi mengenai harga Honda CB300R di atas dirasa sudah cukup menggambarkan bagaimana ketangguhan yang dimiliki motor naked kelas premium tersebut. Akan tetapi, rumor menyebutkan bahwa kemungkinan besar pihak Honda Indonesia tak akan memasarkan motor Honda CB300R ini di pasar nasional. Namun, tetap masih ada kemungkinan juga bahwa motor ini akan dipasarkan di Indonesia, jika banyak permintaan dari para konsumennya. Pasalnya, seperti yang diketahui jika di Indonesia memang belum ada segmen motor naked 300cc. Namun banyak yang memprediksi dengan pasar Indonesia yang begitu besar, serta harga Honda CB300R yang terbilang kompetitif, bukan tidak mungkin jika nantinya motor ini akan dihadirkan di Tanah Air namun dengan versi yang berbeda yakni 250cc. Kira-kira sampai di sini dulu ya kawan perjumpaan kita. Semoga ulasan spesifikasi dan harga Honda CB300R di atas bisa memberikan manfaat. Jangan lupa baca juga ulasan lainnya mengenai Honda CB125R dan Honda CB1000R.

Top