Catat!! 2019 Plat Nomor Jadi Putih??

Perubahan Warna Plat Nomor – Wacana penggantian warna plat nomor kendaraan memang sempat mengemuka seiring dengan rencana penerapan sistem tilang elektronik di seluruh Indonesia. Bahkan saat ini nampaknya wacana penggantian warna plat tersebut sudah mulai dikaji dan ditargetkan akan mulai diterapkan pada 2019. Sebelumnya, perubahan warna plat memang diwacanakan dengan warna yang lebih cerah salah satunya putih untuk lebih mempermudah pendeteksian plat nomor ketika ditilang melalui CCTV.

Perubahan Warna Plat Nomor

Nantinya, jika kebijakan ini sudah diterapkan diseluruh Indonesia, maka sistem tilang elektronik pun akan berjalan dengan lebih lancar. “Kalau lancar 2019 itu baru terealisasi, tetapi bertahap tidak serentak semua warna hitam dipindahkan menjadi putih,” kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Royke Lumowa di Mapolda Metro Jaya yang Mas Sena lansir dari KompasOtomotif.

Saat ini sendiri sistem tilang elektronik memang masih terbatas hanya berlaku untuk beberapa wilayah kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dan Bandung. Nantinya, pergantian ini akan berlangsung secara bertahap. Di mana untuk motor baru akan langsung mendapat plat putih, sementara untuk kendaraan lawas yang telah memakai plat hitam nantinya bisa mendapatkan plat putih ketika pergantian plat setiap 5 tahun sekali. “Misal daftar beli motor baru, mobil baru ya pelatnya disesuaikan (jadi putih). Sementara yang sudah telanjur (hitam) tunggu pas pergantian pelat,” ujar Royke.

Jika melihat beberapa negara maju yang telah menerapkan sistem tilang elektronik yang terbilang cukup sukses memang membutuhkan berbagai aspek. Salah satunya adalah aspek non teknis, seperti kesadaran pengguna kendaraan untuk tetap patuh terhadap peraturan lalu lintas. Pasalnya, jika nantinya memang sistem ini diterapkan diseluruh Indonesia, bukan tidak mungkin jika sistem ini malah diakali oleh para pengendara nakal dengan menggunakan plat nomor palsu.

Seperti yang kita ketahui, pengendara kendaraan bermotor di Indonesia memang terbilang cukup “kreativ” untuk dapat lolos dari jeratan penindakan pelanggaran. Sehingga, tentunya selain mempersiapkan berbagai infrastrukturnya, Polri tentu juga wajib mensosialisasikan berbagai hal non teknis yang diperlukan untuk melancarkan berjalannya sistem ini.

Top