Mesin Konvensional Punah pada Tahun 2050

Perkembangan Teknologi Mesin – Perkembangan dunia otomotif memang kini semakin maju pesat. Di beberapa negara maju, bahkan sudah mulai menerapkan kebijakan untuk penggunaan mobil bermesin ramah lingkungan. Tak pelak hal tersebut pun memunculkan berbagai spekulasi dan prediksi mengenai masa depan dari mobil konvensional. Di Indonesia sendiri, mobil konvensional saat ini masih mendominasi. Bahkan, keberadaan mobil bermesin konvensional di Indonesia semakin menjamur.

Perkembangan Teknologi Mesin

Toyota sebagai salah satu produsen terbesar mobil di dunia, mengatakan sebuah statement yang cukup menarik. Di mana, pihaknya mengatakan jika mobil bermesin konvensional akan mati pada tahun 2050 dan digantikan mobil mesin listrik. “Kami memperkirakan bahwa pada tahun 2050 akan mengurangi emisi CO2 dari kendaraan hingga 90 persen dibandingkan dengan kondisi 2010. Untuk mencapai itu, mulai 2040 mobil bermesin pembakaran internal tidak lagi dibuat, hanya beberapa hybrid atau plug-in hybrid,” ujar Kepala R&D dan Teknik Toyota, Seigo Kuzumaki.

Tak mengherankan jika saat ini Toyota pun sudah memulai untuk mengembangkan kendaraan listriknya yang disebut-sebut akan mulai beredar pada tahun 2020 mendatang. Di mana kendaraan tersebut merupakan kendaraan listrik dengan menggunakan baterai lithium-ion tradisional. Namun demikian, seiring berjalannya waktu, Toyota memastikan akan memproduksi kendaraan listrik yang lebih canggih dengan menggunakan baterai solid-state mulai awal 2020 an.

Hal ini nantinya akan memungkinkan kendaraan buatannya untuk dapat melakukan pengisian daya dengan labih cepat dan jangkauan jarak tempuh yang jauh. “Kami memegang lebih banyak paten pada baterai solid-state daripada perusahaan lain. Kami semakin dekat dengan pengembangan mobil menggunakan teknologi, dan kami percaya akan berada paling depan di antara para pesaing,” tutur Kuzumaki.

Saat ini, beberapa pabrikan memang sudah memiliki kendaraan listrik yang telah dipasarkan. Sebuat saja Nissan dengan Nissan Leafnya yang sudah dipasarkan ke berbagai pasaran. Tak hanya itu saja, Tesla yang dikenal sebagai pabrikan mobil listrik pun sudah menjadi salah satu pemimpin dalam segmen ini dengan mobil-mobil listriknya yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Tentu patut kita tunggu datangnya era baru kendaraan listrik ini.

Top