Ini Produsen Mobil Yang Akan Ikuti LCEV

Suzuki Patuhi Program LCEV – Low carbon emission vehicle (LCEV) merupakan program yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia untuk menekan emisi gas buang. Tentu dengan adanya standar regulasi tersebut akan menumbuhkan lebih mobil ramah lingkungan.

Suzuki Patuhi Program LCEV

Adanya regulasi LCEV ini mencangkup mengenai insentif pajak untuk kendaraan dengan teknologi tercanggih saat ini yaitu listrik, hibrida, bahan bakar gas dan hidrogen atau dikenal fuel cell.

Berdasarkan dari halaman Kompas Oto menjelaskan bahwa PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum memutuskan untuk memilih teknologi apapun untuk saat ini. Namun, pihak Suzuki akan mempelajari dan melihat dari isi regulasi yang akan dirilis pada akhir tahun tersebut.

Donny Saputra selaku Direktur pemasaran dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membocorkan sedikit kepada publik bahwa pihaknya akan mengikuti strategi yang akan diterapkan oleh regulasi LCEV yang ditetapkan oleh pemerintah tersebut.

Suzuki berencana akan melakukan tahapan pada mobilnya. Pihak Suzuki akan memasuki semi hibrida terlebih dahulu sebelum ketahapan ke full hibrida hingga listrik. Sebab untuk memasuki tahapan mesin berteknologi mesin membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, Suzuki mengatakan bahwa pihaknya akan mempelajari regulasi serta menyesuaikan dengan produksi mobil tersebut.

SIS juga menjelaskan bahwa untuk masuk ke teknologi full hibrida atau ke listrik secara 100 persen maka membutuhkan infrastruktur lebih. Tentu, apabila membicarakan mengenai infrastruktur maka membicarakan biaya. Terlebih belum membicarakan untuk pengaliran limbah seperti sisa dari baterai.

Sampai saat ini, Suzuki hanya bisa menyampaikan hal tersebut sehingga belum berani membicarakan untuk tahapan lebih detailnya. Bagi Suzuki, tahapan untuk mengolah mobil dengan mesin listrik atau full hibrida memang membutuhkan tahapan yang cukup panjang dan lama.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa mobil yang diproduksi Suzuki saat ini mengandalkan mesin miliknya sendiri yaitu dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang memiliki tiga komponen yaitu mesin diesel, aki berkapasitan 70 Ah dan integrated Starter Generator.

Teknologi SHVS saat ini yang sudah tersedia di Indonesia adalah pada Ertiga Diesel. Lalu bagaimana untuk produsen mobil lain yang ada di Indonesia? Setelah rilisnya kebijakan regulasi LCEV, tentu mau tidak mau harus menyesuaikan regulasi tersebut.

Top