SilentHawk, Motor Hybrid Khusus Tentara

SilentHawk – Perkembangan demi perkembangan dalam dunia otomotif terjadi dengan begitu cepatnya. Cukup populer dengan kendaraan bertenaga listrik baik itu motor maupun mobil menjadikan kendaraan dengan inovasi dan teknologi terbaru ini dipilih oleh semua kalangan. Tak terkecuali untuk para tentara yang membela negara. Baru-baru ini sebuah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat memenangkan penghargaan atas lahirnya motor dengan konsep hybrid khusus militer.

SilentHawk-1-AC-Tag.jpg

Seperti informasi yang diberitakan pada laman Visordown melalui detikOto, Kamis (8/1/2015) yang menyatakan bahwa konsep ini dinilai bisa menjadi satu solusi untuk para tentara saat turun beraktivitas dimedan aslinya. Bahkan kendaraan motor hybrid ini menjadi tunggangan yang tepat saat berperang dimedan perang.

Salah satu keunggulan dari motor hybrid ini adalah dapat berkendara dengan jangkauan yang cukup jauh dengan cepat tanpa menghasilkan suara saat berada diwilayah musuh. Tentu saja dengan hal tersebut tentara akan lebih mudah untuk mengintai pergerakan musuh atau untuk melakukan penyerangan secara diam-diam.

Dengan lahirnya motor hybrid tersebut maka US Defence Advance Research Project Agency (DARPA) memberikan penghargaan kepada motor hybrid ini. Perlu diketahui juga bahwa nama yang diambil yaitu SilentHawk merupakan sebuah nama helikopter pengintai yang memiliki suara lebih kecil dibandingkan helikopter pada umumnya. Sehingga dengan menggunakan helikopter Silenthawk ini sangat mudah untuk melakukan pengintaian terhadap musuh ataupun untuk melakukan penyerangan secara tiba-tiba.

Motor hybrid Silinthawk ini dibangun dengan menggunakan plat form dirty bike yaitu RedShift MX electric motorcross yang diproduksi oleh Alta Motors California. Sedangkan untuk baterainya yang menampung tenaga listrik diproduksi oleh perusahaan lain yakni Logos.

Pihak Logos Wade Pulliam yang membuat baterai motor hybrid SilentHawk ini pun juga berujar bahwa dengan suara yang sunyi, sistem ‘all whell drive’ membuat motor hybrid ini bisa dikendarai pada berbagai medan bahkan untuk medan ekstrim sekalipun. Desain inovativ dengan konsep sistem kendaraan yang unik ini pun menjadikan kendaraan hybrid ‘SilentHawk’ yang pertama didalam dunia otomotif dan juga yang pertama dalam alusita kendaraan perang negara. Baca juga New Vario 150 dan Gogoro Smartscooter.

Top