Pengaruh Xpander dan Wuling Kian Berdampak Pada Avanza-Xenia

Avanza dan Xenia Mulai Alami Penurunan Penjualan – Kehadiran MPV modern Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero diperkirakan bakal berdampak pada MPV buatan Toyota. Nah, tampaknya pengaruh tersebut pun sudah mulai terasa pada pasar mobil bekas Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Di mana, laporan terakhir disebutkan bahwa permintaan akan duet Astra itu di pasar mobkas mengalami tren penurunan yang mulai drastis.

Avanza Dan Xenia Mulai Alami Penurunan Penjualan

Berdasarkan atas luapan pendapat dari pengamat pasar mobil bekas sekaligus Manajer Senior WTC Mangga Dua, Herijanto Kosasih bahwa dalam hal ini pihaknya menilai di mana tingkat merosotnya minat masyarakat hanya terjadi terhadap Avanza dan Xenia yang diproduksi pada 2014 ke atas. Menurutnya, hal tersebut disebabkan mengingat harga pasaran mobil tersebut saat ini masih cukup tinggi.

“Dampaknya yang paling terasa adalah pada Avanza dan Xenia tahun muda, karena harga masih tinggi” kata Herijanto pada Senin (20/11/2017).

Tak sampai di situ saja, bahkan Herjanto juga menjelaskan bahwa harga Avanza untuk keluaran 2014 berkisar Rp 150 jutaan. Tentu, untuk para konsumen baru di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV), pastinya tak diragukan lagi akan mempertimbangkan produk keluaran Mitsubishi dan Wuling. Bukan tanpa alasan mengingat dengan harga sebesar itu, pertimbangan logika mereka bisa mendapatkan mobil baru dengan beragam kelebihan.

Sementara itu di sisi lain, Herijanto pun juga turut menambahkan di mana waktu-waktu ini, untuk Avanza dan Xenia yang diproduksi sebelum 2014 masih banyak peminatnya. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa duet Avanza dan Xenia yang diproduksi tahun 2013 saat ini dibanderol sekitar Rp 130 jutaan dan 120 jutaan. Di mana, sesuai dengan adantanya, semakin tua usia mobil maka dipastikan bakal semakin murah. “Keluaran tahun 2014 ke bawah peminatnya masih banyak,” kata Herjanto.

Terlepas dari hal tersebut, tentu jika kita melihat geliat Xpander maupun Wuling Confero memang benar-benar menunjukkan pengaruh yang besar pada pasar Low MPV di Tanah Air. Bahkan, yang sempat mendominasi pasar MPV sekelas Avanza dan Xenia pun kini sudah menunjukkan penurunan penjualan yang cukup signifikan meski perlahan. Tentu, fakta ini perlu diwaspadai oleh Toyota maupun Daihatsu.

Top