Jika Tak Mau Tergilas, Avanza-Xenia Harus Ganti Baju

Persaingan Segmen LMPV – Pasar MPV pemula Tanah Air memang kian ramai dengan kedatangan Xpander dan Wuling Confero S. Bahkan kehadiran dua mobil berbeda asal tersebut disebut-sebut akan cukup mengancam kenyamanan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang selama ini menjadi raja di segmen ini. Bagaimana tidak, kedua varian mobil yang selama ini menjadi favorit keluarga Indonesia tersebut memang cukup tersaingi dengan desain menarik serta harga yang dibawa oleh kedua mobil baru tersebut.

Persaingan Segmen LMPV

Menanggapi hal tersebut, pengamat pasar mobil bekas sekaligus Manajer Senior WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, menyarankan agar Toyota dan Daihatsu membuat produk baru dengan brand dan image yang berbeda dengan Avanza-Xenia. Hal ini harus dilakukan agar konsumen tidak kabur ke dua mobil baru yang membawa desain branding dan image yang lebih segar. “Toyota dan Daihatsu harusnya ganti baju Avanza-Xenia, dan harga harus dikurangi juga,” kata Herijanto yang Mas Sena lansir dari KompasOtomotif.

Dirinya menambahkan jika kemunculan Xpander dan Wuling memang cukup membuka mata masyarakat Indonesia yang selama ini terpaku dengan Avanza dan Xenia. Memang, tidak bisa dipungkiri selama sekian lama kebanyakan konsumen di Indonesia akan memilih Avanza atau Xenia jika akan membeli mobil berjenis LMPV. Hal ini karena minimnya pilihan yang ada di segmen ini. Meskipun sebenarnya beberapa pabrikan lain memiliki produk disegmen ini namun pamornya masih kalah dari kedua mobil tersebut karena harganya yang tidak berselisih jauh dengan fitur yang hampir sama. Dengan hadirnya Xpander dan Wuling, kini masyarakat bisa memilih mobil yang sesuai kebutuhan dengan harga yang pas di kantong, namun tanpa mengurangi aspek kenyamanan ketika berkendara.

Namun demikian, jika nantinya Toyota dan Daihatsu akan membuat produk baru disegmen LMPV untuk menyaingi Xpander dan Wuling, menurut Herjanto kedua pabrikan tersebut selayaknya menanggalkan nama Avanza dan Xenia. Hal ini untuk menjaga perasaan para konsumen yang belum lama membeli produk tersebut. Hingga saat ini sendiri belum ada kabar kapan Astra akan memperbarui ataupun mengubah baju dari Avanza dan Xenia.

Top