Mobil Listrik Juga Bisa “Ngecas” di SPLU

Mobil Listrik Bisa “Ngecas” di SPLU – PLN Disjaya (Distribusi jakarta Raya) kini tengah menyiapkan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU). Hingga saat ini, PLN Disjaya pun telah menyediakan 700 SPLU dan akan ditambah hingga akhir tahun. Kabarnya, hingga akhir tahun nanti, SPLU akan bertambah menjadi 1.000 unit.

Mobil Listrik Bisa Ngecas Di SPLU

Penambahan SPLU itu pun kini sedang gencar dilakukan oleh PLN Disjaya yang bertujuan agar masyarakat dapat mudah mengakses SPLU tersebut untuk mengisi daya kendaraan listrik.

Pada dasarnya, SPLU tersebut dibuat untuk mengakomodasi pedagang kaki lima yang ingin mendapatkan saluran listrik resmi. Akan tetapi, tak dapat ditampik bahwa seiring berkembangnya kendaraan listrik, SPLU itu pun juga digunakan untuk mengisi daya atau “mencharge” kendaraan listrik tersebut.

Dilansir dari laman KompasOtomotif, General Manager PLN Disjaya, Ikhsan Asaad, menyebutkan bahwa kini kendaraan listrik dapat melakukan pengisian daya baterai di SPLU itu. Ditambahkannya, bahwa selain motor listrik, kini mobil listrik pun juga dapat melakukan pengisian daya di SPLU tersebut yang telah dibuktikan oleh mobil listrik BMW beberapa waktu lalu.

Ikhsan pun juga menuturkan bahwa kini 700 SPLU itu sudah tersebar di seluruh Jakarta dan kedepannya akan disediakan di beberapa tempat, yaitu di kantor, pusat perbelanjaan, hingga tempat makan seperti cafe dan sebagainya.

Pihaknya pun kini juga tengah mengusahakan agar hal tersebut dapat terwujud dan kini sudah mendapatkan izin dari beberapa pengelola gedung atau mal. Dengan demikian, maka masyarakat yang memiliki kendaraan listrik pun juga dapat mengecas di luar rumah pula.

Terkait dengan jenis SPLU yang ada, hingga sat ini terdapat dua tipe, yaitu hook atau terdapat di tiang-tiang milik PLN, dan ada yang standing atau suatu bangunan tersendiri. SPLU tipe hook tersebut terdiri dari 2 kWh Meter dan setiap meternya memiliki daya sebesar 5.500 VA, sementara untuk tipe standing terdiri dari 4 kWh Meter.

Daya setiap masing-masing kWh Meter itu pun diklaim dapat ditingkatkan menjadi sebesar 11.000 VA. Dengan adanya kapasitas tersebut, tentunya SPLU tersebut dapat mengakomodasi berbagai kendaraan listrik yang memiliki daya yang bervariasi, yaitu di kisaran 5.00 hingga 2.500 Watt.

 

Top