Lagi!! Merek China Ekspansi ke Indonesia

Pabrik Sokon – Industri otomotif Tanah Air beberapa waktu lalu baru saja kedatangan “pemain baru” dari negeri Tirai Bambu China. Kedatangannya tersebut bukan hanya sekedar numpang lewat, pasalnya pabrikan tersebut cukup serius untuk dapat bersaing di industri otomotif Tanah Air salah satunya adalah membuat pabriknya sendiri yang dipersiapkan tidak kurang dari 3 tahun. Kedatangan dari Wuling tersebut pun mendapatkan sambutan yang cukup positif dari masyarakat Indonesia dengan penjualannya yang cukup baik.

Pabrik Sokon

Kesuksesan Wuling tersebut rupanya membuat pabrikan asal China lain tertarik untuk mengikuti jejaknya. Adalah Sokon yang kini bersiap untuk turut meramaikan persaingan industri Otomotif tanah Air yang selama ini dikuasai pabrikan Jepang. Melalui PT Sokonindo Automobile pabrikan China DonFeng Sokon (DFSK) membuktikan keseriusannya untuk dapat bersaing di industri otomotif Tanah Air dengan membuka pabrik manufakturingnya di Cikande, Serang, Banten.

Berdiri di atas lahan seluas 20 hektar, pabrik Sokon tersebut diklaim mampu memproduksi 50000 unit mobil per tahun. Di mana, pada pabrik tersebut semua proses perakitan telah ditunjang oleh berbagai alat canggih yang tentunya membuat efisien. Beberapa diantaranya adalah alat-alat robot yang digunakan untuk mencetak plat baja, pengelasan, pengecatan, perakitan, serta proses kontrol kualitas. “Dengan memiliki pabrik berteknologi tinggi, kami dapat memastikan kualitas produk-produk yang kami miliki. Ini merupakan smart factory berstandar international dengan kepresisian tinggi sekaligus memiliki daya saing yang juga tinggi,” ucap CO-CEO PT Sokonido Automobile, Alexander Barus, saat peresmian pabrik PT Sokonindo Automobile, Banten.

Nantinya, di pabrik yang baru diresmikan ini Sokon akan memproduksi berbagai jenis mobil mulai dari SUV, MPV hingga kendaraan ringan. Bahkan, sejumlah pihak menyebutkan jika pabrik baru Sokon ini menjadi satu-satunya pabrik mobil yang paling siap untuk memproduksi kendaraan listrik. Namun demikian, untuk pertama Sokon tidak akan muluk-muluk dengan meluncurkan mobil listrik ataupun hibrida. Mobil yang akan dikeluarkan Soko untuk pertama kalinya nanti adalah DFSK Glory yang merupakan mobil berjenis SUV yang akan menantang beberapa SUV pabrikan Jepang yang kini sedang berjaya.

Top