Mobil Tanpa Sopir Menjamur di 2017?

Mobil Masa Depan : Tanpa Sopir – Kalau kita berbicara soal mobil masa depan, apa yang ada dalam angan-angan anda? Mungkin mobil berteknologi tinggi, dengan segala fasilitas canggih, bahkan tanpa sopir. What?! Tanpa sopir? Jika memang mobil secanggih itu yang anda bayangkan, ternyata tak perlu menunggu berpuluh-puluh tahun lagi. Mobil canggih ini bahkan sudah ada di depan mata lho. Nantinya, anda bisa melakukan perjalanan, sambil melakukan hal-hal lain seperti membaca misalnya. Padahal anda berkedudukan sebagai sopir. Woooww…!!!! Terbayang?

mobil otonom mobil masa depan

Adalah pabrikan otomotif asal Jepang—Nissan, yang sedang menggarap project ini. Berkolaborasi dengan National Aeronautics and Space Administration (NASA), Nissan mengembangkan mobil tanpa sopir atau yang disebut dengan mobil otonom. Nissan Leaf pun digadang-gadang untuk menjadi pilot project dalam kerjasama yang akan berlaku lima tahun kedepan. Nantinya, pengerjaaan misi ini bakal dilakukan di dua tempat. Yang pertama adalah Pusat Penelitian Nissan di Nissan Silicon Valley. Lokasi lainnya adalah Ames Research Center NASA di Moffett Field, California Seperti yang diberitakan oleh Automotivenews. Lalu apa sih yang effect positif yang akan ditimbulkan oleh penggunaan mobil otonom?

Kawan Begawei, diperkirakan dalam 25 tahun ke depan, sebanyak 9 miliar orang akan tinggal di daerah perkotaan. Terbayang dong akan seperti apa bentuk kemacetan yang terjadi? Produsen otomotif pastinya harus bekerja keras memutar otak untuk memunculkan teknologi yang memudahkan untuk menghindari kemacetan. Selain itu, pastinya  mampu men-support multitask secara aman untuk pengemudinya. Jadi pengemudi bisa fokus pada hal-hal lain, sekalipun ada di belakang kemudi. Nah, disinilah mobil otonom akan banyak membantu kita. Jadi membayangkan harga teknologi canggih ini ya?

Mobil otonom yang oleh Nissan akan diperkenalkan 2016 nanti, diprediksi akan menyentuh harga USD 42 miliar atau sekitar Rp 530 triliun. Walaupun harganya selangit, tapi prediksi yang muncul dari Boston Consulting Group menyebutkan bahwa mobil otonom justru akan  menjamur di 2017. Bahkan pada 2022 mobil otonom akan dapat menavigasi jalan-jalan kota yang padat. Menariknya lagi nih, diprediksi pula jika pada 2035, seperempat penjualan mobil di seluruh dunia akan didominasi oleh jenis mobil ini. Produsen asal Jepang dan Eropa Barat pun mungkin akan mengadopsi teknologi yang paling cepat.

Bagaimana pendapat anda tentang teknologi masa depan ini? Melihat lalu lintas di Indonesia yang sudah sangat semrawut, kira-kira mobil otonom akan menjadi lifestyle di negara kita juga tidak ya? Kita tunggu saja! Baca juga Mobil Balap Zenos dan SilentHawk.

Top