Akhir Tahun 2017, Mobil Listrik Mitsubishi Lakukan Tes Ujicoba

Mobil Listrik Mitsubishi Siap Diuji Coba – Tak hanya fokus pada regulasi pada kendaraan konvensional saja, namun Kementerian Perindustrian akhirnya bakal mengetes dua kendaraan listrik yang merupakan produk garapan Mitsubishi di akhir Desember 2017. Produsen berlambang tiga berlian itu memang saat ini merencanakan untuk memberikan 10 unit mobil listrik kepada pemerintah.

Mobil Listrik Mitsubishi Siap Diuji Coba

Bukan tanpa alasan, pemberian yang dilakukan oleh pihak Mitsubishi disebut sebagai upaya dalam mendukung riset lebih jauh mengenai regulasi yang akan terbit. Apalagi terkait dengan kendaraan “hijau” di Indonesia. Jauh-jauh hari sebelumnya Airlangga sudah bertemu dengan CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko di Tokyo pada bulan Oktober 2017 lalu.

“Kami berharap regulasi dan fasilitasnya akan keluar pada awal tahun depan. Sehingga insentif untuk mobil listrik ini akan dipacu,” ujar Airlangga dalam siaran resminya pada Selasa (28/11/2017).

Dalam hal ini, Airlangga sendiri mengatakan bahwa pihak pemerintah kini tengah melakukan kajian strategi terkait dengan pengembangan kendaraan listrik, yang akan diproduksi oleh industri otomotif di Tanah Air. Salah satu rencana yang tengah dipersiapkan yakni menurunkan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk kendaraan yang ramah lingkungan, termasuk mobil hybrid, listrik, atau semacamnya

Bahkan, menariknya bahwa tipe alat transportasi tersebut diyakini akan masuk dalam program pemerintah sebagai bentuk pacuan untuk mendorong produksi kendaraan beremisi karbon rendah atau low carbon emission vehicle (LCEV). Lalu, diversifikasi BBM ke arah bahan bakar gas, bahan bakar nabati, atau tenaga listrik, juga mampu menghasilkan manfaat ekonomi secara inklusif.

Berkaitan dengan kendaraan listrik, terutama mobil listrik, pemerintah sendiri telah mencatat target bahwa pada tahun 2025, sekitar 25 persen atau 400.000 unit kendaraan LCEV sudah masuk pasar dalam negeri. Sejumlah produsen telah menyiapkan produknya untuk dipasarkan.

Terlepas dari itu, mulai dari PT Nissan Motor Indonesia yang telah menghadirkan Note e-Power kemudian, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales, dan BMW Indonesia. Beberapa model bahkan mulai dipasarkan, seperti BMW i8, Toyota Camry hibrida, dan Alphard hibrida, serta Suzuki Ertiga hibrida.

Top