BMW Indonesia Mengaku Tak Sulit Rakit Hibrida

BMW Indonesia Tak Sulit Rakit Hibrida – Salah satu merek mobil ternama dunia, yakni BMW yang beroperasi di Indonesia, memiliki keinginan untuk mengikuti program Low Carbon Emission Vehicle (LCEV). Untuk mewujudkan keinginan tersebut, BMW Group Indonesia pun telah melakukan berbagai pembicaraan dengan pemerintah maupun pemangku kepentingan terkait.

BMW Indonesia Tak Sulit Rakit Hibrida

Kini, BMW Group Indonesia tersebut sedang menunggu regulasi resmi dari pemerintah terkait hal tersebut. Kabarnya, program pemerintah tersebut akan berjalan di awal tahun 2018 mendatang.

Melansir dari laman KompasOtomotif, salah satu pertanyaan yang cocok dilontarkan kepada BMW Indonesia terkait dengan program pemerintah tersebut apakah BMW siap untuk merakit lokal produknya? Dalam hal ini, skema LCEV tersebut memang memang mengharuskan merek yang ikut serta untuk merakit lokal.

Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia, Jodie Otani, pun mengungkapkan bahwa bagi BMW Indonesia merakit lokal bukanlah hal yang sulit karena pada dasarnya pihaknya telah memiliki kemampuan terkait hal tersebut dan tentunya juga diimbangi dengan nilai investasinya.

Ditambahkannya lagi bahwa untuk beberapa model, pihaknya telah melakukan produksi di Indonesia dan tentunya untuk menambah motor listrik pihak BMW Indonesia pun bisa melakukannya dengan mudah.

Menurut pengakuan Jodie, hal tersebut sudah diatur dan merupakan strategi BMW secara global sehingga pihaknya pun telah memiliki kemampuan yang mumpuni untuk merakit lokal karena sudah ada beberapa model yang sudah dirakit lokal.

Dijelaskannya lebih lanjut, bahwa pihak BMW Indoneisa kemungkinan akan menggunakan fasilitas pabrik yang sudah ada untuk menjalankan program pemerintah tersebut. Caranya yaitu dengan plug-in hybrid yang akan memudahkan pihaknya untuk merakit model hybrid lokal.

Sebagai informasi, BMW Group Indonesia sejauh ini telah merakit beberapa model di Indonesia, diantaranya yaitu Seri 3, Seri 5, Seri 7, X1, X3, dan X5. Untuk model hibrida yang masuk ke dalam kategori i-Performance yang sudah dirakit oleh prinsipal BMW di Jerman, antara lain X1 Le, X5 xDrive40e, 225xe, 330e, 530e, dan 740e.

Untuk menjalankan program tersebut, pihak BMW Indonesia pun akan menggunakan pabrik milik PT Gaya Motor di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Sedangkan untuk melayani penjualan dan aftersales mobil hibrida dan listrik miliknya, BMW Group Indonesia juga telah memiliki diler i khusus.

Top