Sedikit Lesu di Pasar Lokal, Ekspor Honda Astra Justru Melesat

Ekspor Motor Honda Meningkat Tajam – Selain memproduksi kendaraan roda dua untuk pasar lokal, PT Astra Honda Motor juga turut membuat motor untuk diekspor ke mancanegara. Bahkan, belum lama ini kinerja ekspor sepeda motor oleh PT Astra Honda Motor (AHM) pun turut membuahkan hasil di mana dipastikan bakal melesat sampai akhir 2017.

Ekspor Motor Honda Meningkat Tajam

Bukan tanpa alasan mengingat menurut catatan penjualan sepanjang Januari-Oktober 2017, jumlah sepeda motor Honda yang sudah diekspor dari Indonesia dalam keadaan utuh (completely built up/CBU), tercatat 95.741 unit. Angka tersebut tak lain dan tak bukan mengalami kenaikan sebesar 47,8 persen dibandingkan tahun lalu 64.737 unit.

Tak hanya itu saja, bahkan tercatat pula sampai akhir tahun, ekspor CBU ditargetkan bisa melampaui 100.000 unit. Untuk ekspor CBU, Honda masih mengandalkan skutik entry level, BeAT Pop.

“CBU, AHM masih mengandalkan dua negara tujuan, yakni Filipina dan Banglades,” kata David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM pada Rabu (6/12/2017).

Selain dalam bentuk CBU, pihak AHM pun juga turut mengirim sepeda motor dalam bentuk terurai penuh (completely knocked down/CKD), ke beberapa negara yang lebih banyak. Pengiriman ekspor CKD yang diterapkan oleh PT AHM tersebut mengandalkan beberapa model sport andalan, sebut saja seperti CBR150R dan CBR250RR yang dikirim ke Jepang, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Kamboja.

“Untuk total CKD, target kita 150.000 unit sampai akhir tahun, sementara tahun lalu, hanya 106.000 unit,” kata David.

Di samping itu, kenaikan jumlah ekspor yang dilakukan oleh PT AHM, kata David, merupakan suatu bentuk atau wujud dalam upayanya menjaga komitmen perusahaan demi mendukung perekonomian Indonesia. Tak hanya itu saja, bahkan lewat ekspor tersebut, menjadi bukti kalau sepeda motor rakitan Indonesia sudah berstandar global dan diterima di negara-negara maju. Tentu saja, hal tersebut kebalikan dengan pasar lokal yang beberapa bulan ini menunjukan sedikit kelesuan penjualan.

“Hasil ekspor ini juga merupakan hasil kontribusi seluruh 23.000 karyawan AHM yang bekerja setiap hari,” ucap David.

Top