Ikuti Program LCEV, Dihatsu Siapkan Mobil Baru

Daihatsu Siapkan Mobil Baru untuk LCEV – Pemerintah akan segera mengeluarkan regulasi terbaru tahun depan, yaitu Low Carbon Emission Vehicle (LCEV). Regulasi tersebut pun mewajibkan produsen untuk membuat dan menjual mobil yang memiliki bahan bakar non-bbm, yaitu hibrida, listrik, dan sejenisnya.

Daihatsu Siapkan Mobil Baru Untuk LCEV

Apabila produsen telah memenuhi syarat yang tertuang dalam regulasi baru tersebut, maka produsen pun akan mendapat imbalan, yakni keringan terkait pajak, yaitu berupa insentif. Tentunya dengan adanya insentif tersebut, maka cukup menggiurkan produsen otomotif, salah satunya yaitu Daihatsu.

Division Head Corporate Planning PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rudy Ardiman, sebagaimana dikutip dari laman KompasOtomotif, menyebutkan bahwa terkait dengan aturan pemerintah tersebut, pihaknya masih berdiskusi dengan prinsipalnya di Jepang.

Disebutkannya lagi bahwa pihak prinsipal di Jepang tersebut menginginkan harus mendukung program tersebut dan pihaknya pun hingga kini masih melakukan studi bersama untuk menyikapi program pemerintah itu.

Rudy pun menambahkan bahwa sampai saat ini, pihak ADM dengan prinsipal telah melakukan studi yang telah masuk tahap pendalaman produk. Dijelaskannya lebih lanjut, bahwa untuk menjalankan program tersebut, pihaknya pun tetap fokus pada apa yang telah dikedepankan oleh Daihatsu, yaitu mengusung segmen kendaraan kompak.

Akan tetapi, untuk bocoran pilihan mesinnya hingga kini belum bisa diungkapkannya. Rudy pun hanya menuturkan bahwa mengenai pilihan mesinnya, pihaknya masih memikirkannya karena mesin yang akan dipakainya tersebut tergantung dari berbagai faktor, antara lain regulasi, infrastruktur, teknologi, hingga permintaan masyarakat itu sendiri.

Meski belum ada bocoran terkait gambaran kendaraan yang akan diproduksi oleh Daihatsu tersebut, tetapi kemungkinan besar ADM akan mengeluarkan mobil hibrida dengan mesinĀ  yang sudah umum digunakan mobil-mobil hibrida kebanyakan, yaitu berkapasitas sekitar 1,2 cc apabila mobil tersebut nantinya berada di segmen low-end.

Kita tunggu saja nanti seperti apakah mobil keluaran Daihatsu untuk program pemerintah LCEV tersebut, semoga saja produk terbarunya nanti memiliki spesifikasi dan fitur mumpuni yang dapat menunjang kebutuhan masyarakat tanah air, tentunya dengan harga yang kompetitif pula.

 

 

Top