NMAX Masih Aman, Sebelum PCX Lokal Datang

Peta Persaingan Skuter Matik Premium – Kabar kedatangan PCX yang akan diproduksi lokal membuat persaingan skuter premium 150 cc disebut-sebut akan cukup ramai. Bagaimana tidak, PCX yang selama ini dijual selangit, dengan diproduksi lokal harganya disebutkan akan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Hal ini pun menjadi sebuah kabar yang cukup buruk untuk NMAX di mana selama ini nyaman tanpa pesaing berat.

Peta Persaingan Skuter Matik Premium

Meskipun jika menilik lebih jeli, pada segmen skutik premium saat ini tak hanya NMAX ataupun PCX yang selama ini mengisi Indonesia. Pasalnya Suzuki pun memiliki Suzuki Burgman yang mengusung ukuran mesin sedikit lebih besar yakni 200 cc. Namun demikian, rupanya Burgman pun tidak mampu untuk bersaing dengan NMAX di segmen ini. Padahal jika menilik keberadaannya di Indonesia, NMAX bisa dibilang cukup baru jika dibandingkan dengan skutik premium Suzuki dan Honda tersebut.

Salah satu yang menjadi alasan NMAX memiliki cukup banyak peminat adalah harganya yang terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan para pesaingnya. Di mana, NMAX ini dibanderol dengan kisaran harga di bawah Rp 30 jutaan. Tentu harga tersebut terbilang cukup murah untuk motor skuter matik premium. Pasalnya jika menilik Burgman dan PCX harganya berada di atasnya. Yakni PCX berada di kisaran 40 jutaan dan Burgman di kisaran 50 jutaan.

Dari data yang dirilis oleh AISI terlihat jika jarak angka penjualan antara NMAX dan kedua pesaingnya tersebut terlihat begitu jauh. Bahkan , jika dijumlah penjualan antara kedua pesaingnya masih kalah jauh jika dibanding dengan penjualan NMAX. Kejayaan NMAX ini sebenarnya sudah mulai kentara dari tahun 2015 yang lalu di mana kala itu, minat masyarakat terhadap motor matik premium ini mulai menanjak. Dan puncaknya di tahun 2016 lalu di mana NMAX produksi Indonesia ini tidak hanya di nikmati di Tanah Air bahkan juga diminati di luar negeri. Kejayaan NMAX tersebut lah yang rupanya menggugah Honda untuk dapat menyainginya dengan PCX yang akan diproduksi lokal agar harga jualnya lebih murah.

Top