AHM Seleksi Pabrik untuk Merakit PCX

Honda PCX Siap Dirakit di Indonesia – Sebagaimana dengan yang sudah dikabarkan sebelumnya, disebutkan bahwaPT Astra Honda Motor (AHM) sudah memastikan untuk generasi terbaru PCX akan diproduksi di Indonesia. Bahkan, Honda PCX yang dirakit di Indonesia tersebut tak hanya disiapkan untuk pasar domestik saja melainkan rencananya akan diekspor ke beberapa negara. Tak berbeda jauh dengan CBR250RR yang kini basis produksinya ada di Indonesia, dan sudah dikirim ke beberapa negara, termasuk Jepang.

Honda PCX Siap Dirakit Di Indonesia

Di sisi lain, apabila menyoal mengenai skutik gambot, PT AHM sendiri saat ini memang masih belum diketahui, akan diproduksi di pabrik mana PCX ini? Terkait hal tersebut, dalam hal ini David Budiono selaku Production, Engineering, and Procurement Director AHM untuk sementara waktu masih belum bisa membocorkan informasi itu. Namun, bisa dipastikan dimulai dalam waktu dekat ini.

“Kalau pabrik mana, tergantung dari kebutuhan. Kita menyesuaikan saja dengan semua itu,” ucap David di Semarang, Jawa Tengah, belum lama ini.

Sementara itu untuk soal persiapannya, Budiono sendiri mengatakan bahwa produksi PCX ini sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Artinya, menurut David secara kesiapan pabrik dan juga sumber daya manusia sudah sangat mendukung. Perlu diketahui bahwa PT AHM itu sendiri sekarang memiliki empat fasilitas perakitan di lokasi yang berbeda. Pertama di Sunter, Jakarta Utara, selanjutnya di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading. Sedangkan untuk lokasi pabrik ketiga berada di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Terakhir, yang baru diresmikan pada 2014, yaitu di Karawang.

Tentu saja dengan keseluruhan fasilitas tersebut, kapasitas produksi motor Honda di Indonesia pun sudah mencapai 5,8 juta unit. Selain domestik, disediakan juga buat kebutuhan ekspor ke berbagai negara.

Kaitannya dengan Honda PCX terbaru ini, memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi pihak PT AHM mengingat telah dipercaya untuk memproduksi di Tanah Air. Bahkan, produk buatan pabrik Honda Indonesia ini pun juga akan diekspor ke negara lain, termasuk negeri asalnya, Jepang.

Top