Honda Terus Tingkatkan Jumlah Ekspor Sepeda Motor

Honda Indonesia Fokus Ekspor Sepeda Motor – Meski jumlah permintaan lokal masih dianggap cukup tinggi namun tampaknya jumlah ekspor dalam keadaan utuh alias completely built up (CBU) sepeda motor Honda buatan PT AHM sampai akhir 2017 ditargetkan tembus 100.000 unit. Bahkan, dalam kurun waktu selama 10 bulan (Januari-Oktober) sudah mencapai 95.741 unit atau meningkat 47,8 persen dari tahun lalu 64.737 unit.

Honda Indonesia Fokus Ekspor Sepeda Motor

Dalam hal ini, PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai agen pemegang merek (APM) motor Honda di Indonesia pun telah menargetkan ekspor tahun depan meningkat 40-50 persen dari 2016. Dengan kata lain, apabila melihat track record atau catatan sebelumnya pada target 2017, maka tahun 2018 depan merek motor asal Jepang itu diharapkan bisa mengirim motor secara utuh sekitar 140.000 atau 150.000 unit ke negara lain.

“Pastinya kami akan lakukan yang terbaik dengan semakin kompetitifnya AHM. Kita akan ekspor terus apalagi ada peluang untuk masuk atau kuasai pasar ASEAN,” kata David Budiono selaku Production, Engineering, and Procurement Director AHM, di Semarang, Jawa Tengah, belum lama ini.

Sementara itu, ada beberapa negara yang dituju pihak PT AHM sebagai lokasi ekspor produknya. Beberapa di antaranya seperti Filipina dan Bangladesh. Ta hanya itu saja, bahkan untuk motor yang dikirim dalam bentuk terurai utuh (completely knocked down/CKD) dilakukan ke negara asalnya  Jepang, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Kamboja.

Terkait dengan motor baru yang diekspor AHM ke negara tersebut, tentu mengundang pertanyaan publik, apakah model lain yang akan mulai dikirim ke luar negeri?

Nah, menjawab hal tersebut, PT AHM yang diwakili oleh David belum mau membocorkan informasi tersebut. Pasalnya, menurut dia tergantung dari permintaan dari masing-masing negara. “Kita lihat juga bagaimana perkembangannya tahun depan,” ucap dia.

Di lain sisi, pada tahun 2017 ini, PT AHM juga sudah menambah line-up produk yang diproduksi di dalam negeri, yaitu CRF150R. Bahkan, 2018 dipastikan bertambah lagi melalui model skutik gambot PCX. Tentu, dengan bertambahnya varian produk motor Honda maka akan semakin besar peluang pabrikan berlogo kepakan sayap tersebut untuk mendominasi pasar otomotif di segmen kendaraan roda dua.

Top