Kei Car, Mobil Mungil Favorit Warga Jepang

Kei Car atau Kei Jidosha Idola Warga Jepang – Mobil mini atau sekelas dengan citycar merupakan mobil yang diproduksi untuk menjelajahi perkotaan sehingga semua spesifikasi disesuaikan dengan medan yang dilaju.

Kei Car Atau Kei Jidosha Idola Warga Jepang

Tahu kah kamu, mobil apakah yang banyak diminati oleh warga Jepang? Jepang merupakan salah satu negara yang gemar sangat memprioritaskan pejalan kaki namun juga memungkinkan untuk melaju dengan mobil.

Ternyata, mobil yang banyak digemari di Jepang adalah mobil dengan desain yang mungil dan desainnya cenderung kotak. Salah satu mobil yang paling banyak diminati adalah Kei car. Kei car atau juga dijuluki dengan kei-Jidosha ini memiliki arti sebagai mobil kecil.

Memang, selera warga Jepang ini cukup berbeda dengan orang Indonesia yang cenderung memiliki desain yang elegan dan memiliki tampungan yang luas. Sedangkan untuk warga Jepang lebih memilih mobil yang minimalis.

Tidak hanya alasan mengenai fungsi mobil saja warga Jepang mempertimbangkan untuk memilih mobil yang kecil. Seperti yang tercantum dalam halaman Liputan6 Otomotif menyebutkan bahwa hal ini bermula dari pasca perang dunia kedua. Pasalnya Jepang belum memiliki perekonomian yang stabil sehingga banyak warga yang tidak mampu membeli mobil.

Terlebih banyaknya mobil pabrikan Amerika Serikat atau Eropa yang dijual dengan harga yang dirasa warga Jepang tidak sanggup untuk membelinya. Maka dari itu, beberapa pabrikan otomotif jepang berinisiatif untuk menawarkan mobil dengan harga yang murah.

Awalnya, mobil yang hadir pertama memiliki mesin 300 cc. Beberapa tahun kemudian, pabrikan Jepang menghadirkan mobil dengan kapasitas mesin sekisar 550 cc. Sedangkan pada tahun 90-an, produsen Jepang akhirnya membuat mesin dengan kepasitas hingga 600 cc.

Pada awal tahun 90-an, Kei car dinamaka dengan ABC. Mungkin sebagian orang mengenal ABC sebagai produk makanan namun jika di Jepang dikenal sebagai mobil yang khas seperti halnya dengan Suzuki, Toyota, Mazda dll.

Meskipun Kei Car memiliki tampilan yang kecil namun teknologi yang disematkan pada mobil ini sudah canggih sehingga performa yang dihasilkan pun juga cukup baik dikelasnya.

Top