Honda Berjaya di 4 Segmen Pasar Mobil

Angka Penjualan Mobil Honda – Menjelang akhir tahun ini ramai-ramai pabrikan otomotif di Indonesia merilis pencapaiannya pada tahun 2017 ini. Beberapa pabrikan mencatatkan hasil positifnya selama berjualan di tahun 2017 ini. Salah satunya adalah pabrikan asal Malaysia Proton yang mencatatkan kenaikan penjualan sebanyak 2% di tahun 2017 ini dibanding tahun sebelumnya. Tak hanya itu saja, pabrikan raksasa asal negeri Samurai pun rupanya juga mencatatkan hal yang cukup baik.

Angka Penjualan Mobil Honda

Dilansir dari KompasOtomotif, PT Honda Prospect Motor Indonesia selaku pemegang merek dan lisensi Honda mobil di Indonesia disebut-sebut berhasil membukukan penjualan yang terbilang cukup baik. Di mana, selama kurun waktu Januari – Desember 2017 ini, PT HPMI berhasil menjual sebanyak 171.574 unit mobil di Indonesia. Angka memang terbilang lebih kecil jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 186.438 unit pada periode yang sama. Namun demikian, untuk kontribusi secara Nasional Honda mencapai 17,3 persen.

Bahkan, jika melihatnya secara segmen mobil-mobil Honda cukup mendominasi di beberapa segmen. Bahkan pada segmen LSUV mobil Honda berhasil mendominasi sebanyak 58% yang disumbang dari penjualan dua SUV andalannya yakni HARI-V dan BR-V. Di mana, jika dirinci BR-V menyumbang 22 persen pada segmen LSUV dengan angka penjualan sebanyak 31.092 unit. Sementara itu untuk HR-V menjual sebanyak 31.092 unit atau 36 persen dari segmen LSUV di Indonesia.

Tak hanya itu saja, pada segmen lain yakni hatchback, Honda rupanya juga masih mendominasi dengan Honda Jazz nya. Presentasinya pun terbilang sangat besar yakni mencapai 48 persen. Seperti yang diketahui Honda Jazz memang telah menjadi raja di segmen ini semenjak beberapa tahun belakangan. Tahun ini dalam kurun waktu Januari hingga November Honda Jazz mampu terjual sebanyak 15.073 unit.

Di sisi lain, segmen sedan yang disebut-sebut saat ini sudah mulai lesu rupanya tidak membuat sedan Honda sepi peminat. Buktinya, Honda berhasil mendominasi segmen sedan dengan dua mobil sedannya yakni Honda Civic dan City. Di mana, untuk Civic mampu terjual 1.317 unit atau 67 persen dari segmen sedan kecil. Sementara itu untuk Honda City terjual sebanyak 984 unit atau 56 persen dari segmen sedan besar.

Sementara segmen penyumbang terbesar dari penjualan Honda pada tahun ini rupanya dipegang oleh Brio yang mampu terjual sebanyak 39.401 unit atau 18 persen di segmen LCGC. Sementara itu, untuk LMPV andalannya yakni Mobilio mampu terjual 33.366 unit atau 14 persen dari segmen LSUV yang masih saja di kuasai oleh Toyota.

Top