Xpander Tempel ketat Toyota Avanza

Pencapaian Xpander – Semenjak pertama kali diluncurkan pada ajang GIIAS 2017, Xpander memang sukses mencuri perhatian para pecinta otomotif. Bahkan, semenjak kemunculannya tersebut mobil ini membuat gonjang-ganjing pesaingnya yang bermain disegmen yang sama. Kejayaan Xpander ini rupanya pun sudah mulai nampak dengan SPKnya yang disebut-sebut sudah mencapai 40000 unit semenjak pertama kali diperkenalkan.

Pencapaian Xpander

Bahkan, berdasarakan informasi dari data yang dirilis Gaikindo terlihat bahwa pada bulan November Xpander mampu terjual hingga 4882 unit. Angka tersebut bahkan membuatnya berada tepat di bawah sang raja mobil sejuta umat yakni Avanza. Namun demikian, meskipun posisinya berada tepat di bawah Avanza, namun selisih penjualan antara keduanya terbilang cukup jauh yakni mencapai 5ribuan unit. Pasalnya Avanza pada bulan November mampu mencatatkan angka penjualan yang sangat memukau yakni mencapai 10.070 unit.

Namun demikian, pencapaian Xpander tersebut tetap dapat dibilang memuaskan. Pasalnya, sebagai pendatang baru, Xpander telah mampu mengalahkan Ertiga, Mobilio ataupun Xenia yang merupakan kembaran dari sang raja. Di mana, Ertiga sendiri mencatatkan angka penjualan sebanyak 3940 unit, di susul Xenia 3758 dan Honda Mobilio 2155 unit. Meskipun masih terbilang cukup jauh untuk dapat menyalip Avanza yang rupanya masih menjadi favorit keluarga Indonesia, namun dengan langkah awal Xpander tersebut sudah cukup menjadi permulaan yang baik baginya.

Di sisi lain, angka yang mampu dicapai oleh Xpander ini pun seolah menjadi pembuktian untuk Toyota yang sempat menganggap Xpander hanya akan menjadi pelengkap. Pasalnya, sebelum Xpander ini meluncur Toyota sempat mengungkapkan jika target Xpander yang menginginkan 20% market share segmen MPV pemula tidak akan tercapai. Tentunya ini menjadi sinyal kuat bagi Toyota untuk segera berinovasi terhadap Avanza jika tidak ingin tersalip oleh Xpander.

Kabarnya tahun 2018 mendatang Toyota memang sudah merencanakan untuk melakukan pembaruan pada Avanza. Pasalnya, seperti tradisi pembaruan yang kerap dilakukan Toyota memang selalu dilakukan setiap tiga tahun sekali. Meskipun sampai kini pun hal tersebut masih belum dikonfirmasi oleh Toyota sendiri.

Top