Penting!! Perhatikan Hal Ini Ketika di SPBU!!

Aturan di SPBU – Ketika melakukan pengisian bahan bakar di SPBU pengguna kendaraan memang terkadang kerap mengabaikan berbagai aturan ataupun rambu yang ada di SPBU tersebut. Padahal, berbagai aturan dan rambu yang diterapkan pada SPBU tersebut memiliki fungsi yang cukup vital untuk keamanan SPBU tersebut. salah satunya adalah peraturan untuk menghidupkan mesin di depan dispenser SPBU. Hal ini memang cukup jarang diketahui oleh para pengguna kendaraan khususnya roda dua.

Aturan Di SPBU

Untuk diketahui, bagi para pengguna kendaraan roda dua sebenarnya terdapat sebuah aturan yang mengharuskan pengguna untuk menyalakan motornya dengan menjauhi dispenser SPBU. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya ketika menyalakan kendaraan ada sebuah proses pembakaran di dalam mesin sepeda motor tersebut. Hal ini bisa memicu munculnya api ketika terdapat kebocoran pada mesin.

Seperti yang Mas Sena lansir dari KompasOtomotif, Head of Marketing Communication Pertamina Dendi Danianto menyarankan pengguna motor untuk mendorong dulu motornya sekitar tiga meter dari Zona merah dispenser SPBU. Sebenarnya, setiap SPBU sebenarnya sudah diberi petunjuk seperti garis kotak berwarna merah yang ada di sekitar pompa SPBU yang menunjukkan jika pada Zona tersebut pengguna diwajibkan untuk mematikan mesin.

Namun demikian, aturan tersebut memang hanya belaku untuk kendaraan bermotor. Sementara untuk mobil aturan yang diterapkan hanya mematikan mesin saat melakukan pengisian bahan bakar. “Khusus untuk motor, dorong dulu ke luar. Jadi ada kotaknya kan. Kotaknya itu dibuat memang ada fungsinya. Harusnya keluar dulu dari kotak itu,” kata Dendi. Bukan tanpa alasan, mengingat menurutnya mesin motor lebih terbuka jika dibandingkan dengan mesin mobil sehingga akan lebih beresiko. “Kalau motor kan tidak. Lebih terbuka. Jadi kalau mau aman lebih baik dorong dulu tiga meter, baru dihidupkan,” ujar Dendi.

Selama ini, mungkin banyak pengguna kendaraan yang masih belum mengetahui tentang aturan-aturan ini. Kebanyakan hanya mengetahui jika peraturan yang mutlak berlaku di SPBU adalah larangan merokok. SPBU ini memang menjadi salah satu tempat yang memiliki risiko cukup besar sehingga segala aturan yang ada memang harus ditaati dengan benar.

Top