PCX 150 Meluncur, Vario 150 Jadi Anak Tiri?

Vario 150 dan PCX 150 – Euforia peluncuran skutik premium Honda PCX 150 memang menyiratkan berbagai cerita tersendiri. Selain dengan pesaingnya, yang disebut-sebut akan cukup tertekan dengan adanya PCX ini, nasib saudara kandungnya yakni Vario 150 juga dipertanyakan beberapa pecinta otomotif. Bukan tanpa alasan, mengingat mesin yang digunakan PCX 150 buatan AHM ini memang menggunakan mesin yang sebelumnya digunakan juga oleh Vario 150.

Vario 150 Dan PCX 150

Hal ini pun menimbulkan pertanyaan di sejumlah kalangan, akankah PCX 150 ini merusak pasaran Vario 150 yang selama ini penjualannya cukup bagus. Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menjawabnya dengan santai. Dirinya mengatakan jika Vario dan PCX memiliki segmen yang berbeda sehingga kedatangan PCX diyakini tidak akan mengganggu Vario 150 meskipun mesinnya sama. “Secara desain totally itu berbeda, Vario lebih arah sporty, sedangkan PCX 150 ini lebih elegan, mewah. Lebih luxury lah,” ujar Thomas yang Mas Sena lansir dari KompasOtomotif.

Di sisi lain, target pasar dari PCX sendiri berada pada usia 22-40 tahun sehingga tidak akan mengganggu konsumen dari Vario 150. Dirinya justru meyakinkan jika kedatangan PCX 150 ini malah justru akan menguntungkan konsumen karena memiliki semakin banyak pilihan. Honda pun akan tetap mempertahankan produksi Vario 150 eSP untuk bersaing dengan beberapa kompetitornya.

Jika menilik harga, Vario 150 memang dibanderol dengan angka yang lebih murah, sehingga diyakini hal ini menjadi salah satu yang menguatkan Honda untuk tetap merilis Vario 150 ini ke pasaran. Di mana, PCX 150 kabarnya akan dibanderol dengan harga termurahnya Rp 27 jutaan sementara itu Vario 150 sendiri banderol harganya berada pada kisaran Rp 21 jutaan sehingga selisihnya cukup banyak.

Tentu bagi pecinta skutik premium PCX ini akan menjadi pilihan baru, namun bagi konsumen yang tidak memiliki bajet untuk membeli PCX 150, nampaknya Vario 150 menjadi solusi yang jitu. Dengan mesin yang sama, keduanya hanya memiliki perbedaan pada desain bodi dan juga beberapa fitur yang diusungnya saja.