Motor Yamaha Paling Banyak Diekspor

Ekspor Yamaha – Pasar otomotif khususnya roda dua Tanah Air di bulan November memang menurun. Hal ini diketahui dari data yang dikeluarkan oleh AISI. Di mana, dari data tersebut diketahui bahwa penjualan sepeda motor secara keseluruhan di Indonesia bulan November mencapai 550.303 unit. Angka tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan angka penjualan bulan sebelumnya yang mencapai 579.552 unit.

Ekspor Yamaha

Namun demikian, ketika pasar sepeda motor domestik sedang menurun angka ekspor rupanya justru mengalami kenaikan. Di mana jika pada bulan Oktober angka ekspor hanya 41.548 unit pada bulan November menjadi 41.576 unit. Meskipun kenaikannya tidak terlalu signifikan, namun hal tersebut menjadi hal yang cukup baik. Dari angka ekspor tersebut rupanya Yamaha masih menjadi pabrikan penyumbang terbesar. Di mana pabrikan berlogo garpu tala ini mampu mengekspor 22.915 unit.

Angka ekspor Yamaha tersebut sebenarnya lebih rendah jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 23.991 unit. Namun meskipun turun, Yamaha tetap mampu melampaui angka ekspor rival utamanya yakni Honda yang hanya berada pada 13.513 unit. Berbanding terbalik dengan Yamaha yang menurun, angka ekspor Honda tersebut lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang hanya mencapai 9825 unit.

Sementara pada posisi ketiga ekspor motor dari Indonesia ditempati oleh pabrikan asal India TVS yang mampu mengirimkan sepeda motornya sebanyak 3341 unit ke luar negeri pada bulan November. Sementara itu, pabrikan lain asal Jepang yakni Suzuki menempati urutan ke empat dengan angka ekspor mencapai 1.346 unit pada bulan November. Untuk posisi terakhir ditempati Kawasaki yang hanya mampu mengirimkan motornya sebanyak 461 unit di bulan November.

Yamaha memang sejak lama diketahui cukup baik dalam angka ekspor produk-produknya. Di mana, dari tingginya angka ekspor tersebut, disebut-sebut didominasi oleh skuter maxi miliknya yakni NMAX. Seperti yang diketahui NMAX semenjak tahun lalu menjadi produk YMMI yang paling diminati di beberapa negara seperti di Eropa, Australia, Amerika dan Asia. Namun, meskipun NMAX di Indonesia telah diperbarui YMMI tetap akan mengekspor versi lama.

Top