Fortuner Indonesia Laris Manis di Filipina

Ekspor Toyota Fortuner – Fortuner menjadi SUV kelas atas milik Toyota yang menjadi pesaing utama Mitsubishi Pajero Sport di pasaran otomotif Indonesia. Tampilannya yang menawan dan tenaganya yang tangguh membuat mobil SUV ini banyak diminati konsumennya. Tak hanya di Indonesia, rupanya Fortuner buatan Indonesia ini juga diminati di luar negeri. Hal tersebut diketahui dari pencapaian ekspor dari Toyota Fortuner ke beberapa negara. Berdasarkan prediksi, jumlah ekspor mobil Toyota secara umum bisa mencapai 200.000 unit dengan berkembangnya dua pasar utama yakni Filipina dan Vietnam.

Ekspor Toyota Fortuner

Untuk diketahui, dari data yang dimiliki Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) terungkap jika Filipina selama 2017 ini menjadi tujuan ekspor paling besar dari mobil-mobil Toyota. Di mana presentase dari jumlah ekspor ke Filipina sendiri mencapai 37 persen. Sementara itu, untuk pasa Vietnam menyumbangkan 8 persen dari angka ekspor mobil Toyota. “Kalau angka nanti saja. Filipina itu sudah beberapa tahun ini puluh ribuan unit, Vietnam yang sekarang masuk hitungan puluh ribuan unit,” ucap Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN yang Mas Sena lansir dari KompasOtomotif.

Dari banyaknya angka ekspor tersebut, Fortuner disebut-sebut menjadi yang terlaris. Di mana, selama 11 bulan terhitung sejak Januari-November, Fortuner mampu meraih 35 persen dari seluruh angka ekspor mobil Toyota tersebut. Sementara itu, untuk model terlaris lainnya adalah Vios yang meraih 14 persen dan Innova yang meraih 5 persen.

Beberapa model tersebut memang sudah sejak lama diketahui menjadi favorit di luar negeri. Bahkan, untuk Toyota Innova sendiri di beberapa negara Arab seperti UEA dijadikan sebagai armada taksi sehingga keberadaannya di jalanan negara tersebut memang sudah tidak mengherankan. Sementara itu, untuk Toyota Vios yang notabene merupakan mobil berjenis sedan rupanya juga memiliki pasar yang cukup baik di luar negeri meskipun seperti yang kita ketahui, jika segmen pasar mobil sedan ini sedang menurun di Indonesia dan kalah dengan segmen lain. Beberapa hal yang diusung Fortuner, Innova, ataupun Vios ini memang sangat layak membuat ketiganya menjadi mobil ekspor yang cukup mendominasi.