Setiap Jam Ada 500 Motor Honda Terjual

Honda Dominasi Penjualan Motor Indonesia – Dari data yang dirilis oleh AISI dalam kurun waktu Januari hingga November 2017, penjualan sepeda motor di Indonesia memang menurun. Namun demikian, menurunnya penjualan tersebut masih dapat ditutupi jika penjualan di Desember ini mampu meningkatkan angka penjualan secara keseluruhan. Dari data yang dirilis AISI tersebut, diketahui jika Honda masih mendominasi pasar sepeda motor di Indonesia hingga 75,02 persen dengan angka mencapai 4.103.939 unit dari Januari hingga November.

Honda Dominasi Penjualan Motor Indonesia

Dengan angka tersebut, jika dihitung dan dibandingkan dengan jumlah hari yang telah dilewati semenjak Januari hingga November, dapat dikatakan jika Honda menjual 512 unit motor setiap satu jam. Hal ini tentu sangat mengejutkan, pasalnya jika melihat presentase tersebut, bahkan Yamaha yang selama ini menjadi pesaing kuatnya pun masih belum bisa mencapai setengah dari angka penjualan yang mampu dicatatkan Honda tersebut.

Di mana, Yamaha diketahui menempati posisi kedua dengan presentase 22,36 persen atau sebanyak 1.222.953 unit. Namun, meskipun belum mampu menyamai atau bahkan sekedar mencapai setengah dari penjualan kompetitor utamanya, hasil yang diraih Yamaha tersebut patut diapresiasi. Di mana, hasil tersebut diraih berkat kerja keras Yamaha yang selalu menciptakan produk-produk baru yang berbeda, dan membuat tren setter meskipun pada akhirnya mendapat pesaing dari sang kompetitor.

Sementara itu, posisi ketiga penjualan motor terbanyak di tahun 2017 ini ditempati oleh Kawasaki. Di mana, dengan segmen motornya yang terbilang tidak seluas Honda ataupun Yamaha, capaian Kawasaki ini dapat terbilang sangat baik. Di mana, angka yang berhasil dibukukan selama Januari hingga November mencapai 73.184 unit atau 1,34 persen dari seluruh penjualan secara nasional.

Pencapaian Kawasaki tersebut bahkan mampu melampaui Suzuki yang hanya berada pada posisi ke empat dengan 1,26 persen (68.893 unit) selama kurun waktu 11 bulan. Prestasi yang dicatatkan Kawasaki tersebut juga disebut-sebut tidak lepas dari baiknya penjualan Kawasaki KLX 150 yang pada kurun 11 bulan tersebut belum memiliki pesaing di segmen nya. Meskipun seperti yang diketahui pada bulan November lalu Honda baru merilis pesaing dari KLX 150 tersebut.