Suzuki Ciaz Akan Disuntik Mati?

Penjualan Ciaz – Suzuki diketahui memiliki beberapa varian mobil yang cukup di minati di Indonesia. salah satunya adalah Ertiga yang diketahui sebagai salah satu MPV yang cukup menjadi favorit keluarga Indonesia, meskipun kini mulai kalah dengan Xpander yang merupakan pendatang baru milik Mitsubishi. Selain bermain di segmen MPV, Suzuki diketahui memiliki Ciaz yang didaulat untuk bersaing di segmen sedan. Namun, buruknya pasaran mobil jenis sedan di Indonesia membuat Suzuki berniat untuk menghentikan pemasaran Ciaz di Indonesia.

Penjualan Ciaz

Ciaz ini sendiri pertama kali meluncur pada tahun 2015 dengan didatangkan langsung dari Thailand. Harganya sendiri sebenarnya cukup kompetitif untuk sekelas sedan. Di mana Suzuki diketahui membanderol Ciaz ini dengan angka Rp 281,7 juta untuk varian manual dan Rp 291,8 juta buat otomatis. Mirisnya, semenjak diluncurkan pada tahun 2015 yang lalu, Ciaz hanya terjual tidak sampai 200 unit di Indonesia. berdasarkan datai dari Gaikindo, pada tahun 2015 Ciaz mampu terjual sebanyak 120 unit, kemudian pada 2016 hanya terjual 35 unit, dan yang terakhir selama kurun waktu Januari hingga November 2017 ini Ciaz hanya mampu terjual 30 unit saja.

Meskipun demikian, hingga saat ini Suzuki masih tetap menjual Ciaz ini di Tanah Air. Namun belum diketahui apakah pihaknya akan melanjutkan imprtasi dan penjualannya untuk ke depan. “Sampai saat ini masih ada stok di diler,” kata Uchiki yang Mas Sena lansir dari KompasOtomotif. Jika melihat kondisi di lapangan, keberadaan segmen mobil sedan di Indonesia sendiri memang sangat sempit. Pasalnya, selain karena fungsinya, mobil sedan juga disebut-sebut memiliki biaya tambahan yang lebih tinggi daripada mobil jenis lain.

Di mana, kabarnya pajak mobil sedan memang lebih mahal jika dibandingkan dengan model lain seperti SUV ataupun MPV. Di sisi lain, buruknya penjualan mobil berjenis sedan ini juga sebenarnya tidak hanya terjadi pada Suzuki Ciaz. Bahkan beberapa mobil dari pabrikan lain pun mengalami hal serupa. Namun, angkanya memang tidak serendah angka penjualan Ciaz.