Siap-siap!! Tahun Depan Perpanjang STNK Wajib Lulus Uji Emisi

Uji Emisi – Polusi yang disebabkan oleh emisi kendaraan saat ini memang sudah bisa dibilang cukup parah. Hal ini membuat pihak terkait untuk melakukan berbagai upaya guna mengurangi polusi yang sudah terlanjur terjadi ini. Salah satu yang sudah diterapkan adalah uji emisi kendaraan untuk menyeleksi kendaraan yang layak untuk digunakan ataupun tidak. Sayangnya, meskipun kebijakan tersebut diketahui sudah cukup lama diterapkan, namun hingga saat ini rupanya cara tersebut bisa dibilang belum cukup efektif.

Uji Emisi

Di Jakarta, kabarnya tahun depan akan menerapkan sebuah kebijakan baru guna mengurangi polusi yang semakin parah. Di mana, kabarnya nantinya uji emisi akan dijadikan salah satu syarat yang wajib dipenuhi ketika perpanjangan STNK. Hal tersebut menjadi salah satu upaya yang cukup baik untuk dilakukan. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji. “Nantinya, para pemilik kendaraan yang ingin memperpanjang pajak kendaraan bermotornya harus lulus uji emisi kendaraan. Jadi, mau tidak mau pemilik kendaraan harus memenuhi baku mutu ambang batas emisi gas buang kendaraan,” ujar Isnawan di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Bahkan, untuk dapat melaksanakan wacana tersebut, DLH DKI saat ini sudah mulai melakukan rapat mengenai hal tersebut agar dapat diterapkan pada tahun 2018. “Sangat bisa tahun depan, karena tadi bapak Gubernur (Anies Baswedan) juga tidak mau berlama-lama,” tegasnya. Tak hanya itu saja, untuk saat ini sendiri DLH DKI sebenarnya sudah melakukan berbagai upaya untuk menangani polusi udara yang sangat buruk di Jakarta.

Di mana, DLH DKI kini mulai menggandeng berbagai smart city dan bengkel-bengkel di wilayah DKI Jakarta untuk mengembangkan e-uji emisi. Sehingga hal ini akan mempermudah para pengguna kendaraan untuk melakukan uji emisi. “Saat ini, sudah ada 220 bengkel yang terintegrasi dan bakal terus bertambah. Nanti, data uji emisi di bengkel yang sudah kita verifikasi akan masuk ke server kita, dan di akhir tahun secara real time kita bisa pantau yang sudah lolos uji emisi,” pungkasnya.