Ini Spesifikasi Mobil Listrik yang Dicoba Jokowi!!

Mobil Listrik Lokal – Beberapa waktu yang lalu, Presiden RI Jokowi baru saja menguji coba mobil bertenaga listrik karya anak bangsa. Di mana, mobil tersebut merupakan mobil buatan dari Institut Teknologi Surabaya yang diberi nama Ezzy II. Sesuai dengan namanya, meskipun belum pernah terdengar ke permukaan, mobil listrik lokal tersebut rupanya memang menjadi generasi ke dua dari Ezy I yang dirilis pada tahun 2013 lalu. Sebagai generasi penerus, mobil ini disebut-sebut lebih sempurna dengan beberapa spesifikasi mumpuni.

Mobil Listrik Lokal

Melihat pada tampilan luarnya, mobil ini tampak futuristik dengan bodi yang memiliki bentuk seperti hatchback. Pada bagian depannya, mobil listrik lokal ini memiliki lampu yang berbentuk menyipit yang membuatnya tampak begitu tajam. Sementara itu, grillnya yang berwarna hitam membuat tampilannya tampak begitu sporty. Selain itu, jika menilik pada dimensinya mobil ini sepertinya memiliki dimensi yang cukup mungil layaknya hatchback pada umumnya.

Di sisi lain, melihat pada bagian dapur pacunya, mobil ini dibekali dengan baterai berkapasitas 20 kWh. Di mana, jika baterai tersebut diisi penuh, kabarnya mobil listrik lokal ini mampu berkendara hingga sejauh 130 km. Sementara itu, kecepatan maksimalnya mampu mencapai 180 km per jam. Kecepatan tersebut sudah meningkat dari generasi sebelumnya yang hanya mampu mencapai 50 km per jam. Bagian dapur pacunya ini juga dilengkapi dengan transmisi manual lima percepatan yang membuatnya semakin baik.

Dengan baterainya yang bisa dibilang cukup besar, pengguna hanya perlu mengisi daya mobil listrik lokal ini selama 3 jam hingga penuh. “Hanya perlu mengisi baterai paling lama tiga jam. Jarak tempuh bisa mencapai 130 km per jam, namun bisa berubah sesuai dengan kondisi jalan,” ungkap ketua Tim Pengembangan Mobil Listrik ITS Surabaya. Untuk diketahui mobil ini dikerjakan oleh sebuah tim yang terdiri dari 90 orang selama kurang lebih 6 bulan.

Sebelumnya, seperti yang diketahui kendaraan listrik buatan ITS lainnya yang sudah sukses adalah motor bernama Gesits. Di mana, motor tersebut kini sudah memasuki tahap uji coba dan siap untuk diproduksi massal oleh salah satu BUMN.