Waduh!! Begini Reaksi Toyota, Innova Dapat Pesaing dari China

Komentar Toyota Terhadap Wuling Cortez – Wuling baru saja merilis MPV terbarunya yang bernama Wuling Cortez. MPV tersebut disebut-sebut diluncurkan untuk bersaing dengan MPV menengah milik Toyota yang selama ini tidak memiliki pesaing berarti yakni Innova. Sebagai MPV menengah, tidak mengherankan jika mobil ini membawa dimensi yang cukup besar seperti Innova.

Komentar Toyota Terhadap Wuling Cortez

Menanggapi mengenai hal tersebut, Toyota mengaku pihaknya tidak mempermasalahkan hal tersebut. Pasalnya, seperti yang diungkapkan oleh Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, dengan hadirnya Cortez membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan di segmen ini. “Justru konsumen lebih banyak pilihan di segmen MPV medium ini,” ucapnya.

Dirinya menambahkan jika semakin banyak pemain di sebuah segmen akan menjadi hal yang baik untuk segmen tersebut. Pasalnya, hal tersebut diharapkan dalam membuat segmen tersebut semakin berkembang dengan persaingan yang sehat. “Harapan kami seperti itu. Mudah-mudahan tidak ada pengaruh ke penjualan Innova,” ujar Soerjo.

Di sisi lain, jika melihat penjualan Innova pada kurun waktu Januari hingga November 2017 ini angkanya diketahui cukup baik. Pasalnya, berdasarkan data yang dirilis oleh Gaikindo terungkap jika penjualan Innova per bulan rata-rata mencapai 4.000-an unit hingga di atas 5.000-an unit. Di mana untuk jumlah keseluruhan selama periode tersebut mencapai 56.397 unit.

Dengan angka yang sangat besar tersebut, Innova masih menjadi pemimpin di segmen MPV menengah di atas beberapa pesaingnya seperti Grand Livina, Isuzu Panther dan Proton Exora. Memang, jika melihat beberapa pesaingnya tersebut, hanya Grand Livina saja yang terbilang cukup mampu untuk unjuk gigi dengan meskipun masih belum bisa menyalip Innova.

Banyak yang memprediksi jika nantinya Cortez telah resmi dijual, peta persaingannya akan cukup berubah. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika Cortez ini mampu menempel ketat Innova. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat Wuling Cortez memang diketahui membawa beberapa kelebihan dibanding dengan MPV sekelasnya dari pabrikan lain. Salah satu yang menjadi andalan tentunya adalah harganya yang lebih murah namun dengan fitur yang tidak kalah mumpuni.

Top