Masker Wajib Untuk Pengendara Motor!!

Manfaat Masker Saat Riding – Di Indonesia populasi sepeda motor memang sangat banyak jumlahnya. Jumlah sepeda motor yang sangat banyak ini pun sebanding dengan banyaknya bikers yang mengendarainya. Namun, sayangnya dari sekian banyak pengendara sepeda motor ini, hanya sedikit yang sudah sadar mengenai safety and healty riding. Beberapa kelengkapan wajib berkendara memang kerap disepelekan oleh para pengendara sepeda motor, padahal fungsinya sangat penting.

Manfaat Masker Saat Riding

Tak hanya untuk keamanan, beberapa kelengkapan juga bisa melindungi kesehatan pengendara. Salah satunya adalah masker atau buff yang terbilang cukup penting untuk digunakan para pengendara. Bukan tanpa alasan, banyaknya kendaraan memang membuat udara di jalanan cenderung kotor dan polusi. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan pernafasan, untuk itulah masker atau buff ini sangat bermanfaat untuk para pengendara sepeda motor.

Selain itu, berdasarkan informasi yang Mas Sena lansir dari KompasOtomotif, Dokter spesialis paru, Agus Dwi Susanto mengatakan, tekanan udara yang masuk ke dalam paru-paru akan mengalami pengkatan ketika mengendarai sepeda motor. Hal ini membuat potensi masuknya partikel atau bakteri jahat yang terkandung di udara yang kotor masuk ke dalam paru-paru menjadi semakin besar.

Yang cukup mengerikan adalah, penyakit atau dampak yang ditimbulkan oleh beberapa partikel atau bakteri jahat yang masuk ke dalam paru-paru melalui udara kotor tersebut tidak langsung dirasakan. Hal ini tentu membuat kita para pengendara sepeda motor wajib mewaspadai berbagai kemungkinan dengan mencegah bakteri jahat tersebut masuk ke dalam sistem pernafasan. Meskipun demikian, belum ada penelitian mengenai hal ini.

Namun yang pasti, secara teoritis jika mengendarai motor tanpa memakai masker terus dilakukan berulang-ulang, maka jumlah udara kotor yang masuk ke dalam tubuh pun akan semakin bertambah. Kemudian, udara kotor itu akan mengendap di dalam tubuh yang pada akhirnya dapat menimbulkan beragam penyakit. Hal ini cukup mengerikan bukan?

Untuk itulah, penggunaan masker menjadi hal yang sangat vital bagi pengendara motor khusunya yang ada di perkotaan karena udara yang kotor. Pasalnya, risiko terbesar dari tidak menggunakan masker tersebut adalah beberapa penyakit pernafasan seperti TBC.