Datsun Cross Diprediksi Bakal Dibanderol 160 Jutaan

Banderol Datsun Cross Capai 160 Jutaan – Menginjak di pertengahan Januari 2018 ini, salah satu mobil buatan Datsun  yang mengusung model Cross akan resmi hadir di Indonesia. Sosok mobil garapan pabrik dari anak perusahaan Nissan tersebut pertama kali diperkenalkan ke hadapan publik Indonesia pada GIIAS 2016 lalu.

Banderol Datsun Cross Capai 160 Jutaan

Meskipun dari segi status pembaruannya merupakan pengembangan dari Datsun Go+ akan tetapi Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Eiichi Koito sendiri justru lebih tertarik menyebutnya sebagai generasi baru compact crossover. Dari hal tersebut, tampak jelas bagaimana upaya Datsun yang ingin keluar dari zona mobil murah yang citranya sudah terbentuk lebih dulu.

“Tapi kami tidak pernah bilang bahwa Datsun itu khusus LCGC,” kata Indriani Widjaja saat menjabat sebagai Head of Datsun Indonesia (27/1/2017).

Tak hanya cukup berkutat pada soal desain terbarunya saja melainkan segmen ubahan teknis yang terbilang cukup signifikan pun juga juga tampak jelas berbeda dari Go+. Hal itu sebagaimana dengan yang telah disebutkan Koito. Dimana, kali ini perbedaan yang cukup mencolok yaitu ground clearence atau jarak tertingginya dengan tanah yang dinilai lebih tinggi. Bahkan, untuk tipe suspensi yang makin rigid. Selain itu, satu hal yang dinilai memiliki perbedaan sangat kentara dengan saudara LCGC-nya adalah pilihan transmisi. Bagaimana tidak? Kali ini, Datsun Cross akan menawarkan varian CVT yang dipastikan bakal membuat harganya kian melonjak.

Di sisi lain, sebagai pembanding saja, pihak pabrikan lain misalnya dalam hal ini Honda punya model LCGC yang sudah punya varian bertransmisi CVT. Honda Brio Satya E merupakan LCGC pertama yang bertransmisi ini. Mesin 1,2 liter (sama seperti Datsun Cross) sudah Didukung sistem elektronik Drive by Wire. Brio Satya E CVT harganya cuma Rp 151,5 juta.

Memang belum ada harga resmi Datsun Cross, kemungkinan di atas Rp 150 juta. Bahkan ada yang menyebut mulai Rp 160 juta. Jika dilihat nominalnya, tentu sebuah harga yang relatif sedikit mahal jika membandingkannya dengan para kompetitornya.