Toyota dan Honda Tak Terusik dengan Kabar Ertiga Baru

Persaingan Segmen LMPV – Pasar MPV kelas pemula di Indonesia memang sangat menggiurkan bagi para pabrikan. Bukan tanpa alasan, mengingat mobil MPV memang masih menjadi mobil favorit masyarakat di Indonesia. kabinnya yang luas memang sangat cocok untuk mayoritas penduduk Indonesia yang anggota keluarganya banyak. Tak heran jika kian hari model MPV kian banyak yang meluncur.

Persaingan Segmen LMPV

Menariknya segmen MPV pemula ini pun terbukti dari diluncurkannya dua buah MPV dari pabrikan yang berbeda di pertengahan 2017 lalu. Peluncurannya tersebut bahkan sukses menarik perhatian masyarakat pecinta otomotif Indonesia. Belum usai euforia dengan kedua mobil baru tersebut, pabrikan China Wuling pun kembali mengumumkan niatnya untuk merilis MPV keduanya yang akan menyasar segmen yang sedikit lebih tinggi.

Meskipun hiruk pikuk kedatangan beberapa produk baru tersebut sudah cukup menyemarakkan kabar otomotif Indonesia, namun rupanya Toyota dan Honda sebagai penguasa segmen ini masih terlihat adem ayem saja. Bahkan, ketika Suzuki dikabarkan akan merilis varian barunya yakni Ertiga 2018, kedua pabrikan tersebut masih belum terlihat tanda-tanda merilis MPV baru.

Seperti yang diungkapkan oleh Fransiscus Soerjopranoto, Excecutive General Manager Toyota Astra Motor (TAM), menyatakan jika pihaknya masih fokus untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat terhadap Avanza. “Saat ini Avanza masih fokus untuk memenuhi kebutuhan yang sudah ada. Sehingga fokus kami pun masih di sana sambil terus melakukan study improvement-nya. Kami juga tentu akan mempertimbangkan baik trend, kebutuhan, ataupun permintaan pasar khususnya di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Honda yang memiliki Mobilio sebagai pengisi segmen ini pun masih belum dirumorkan untuk memperbarui produknya tersebut. Meskipun, jika menilik pada angka penjualan dan peringkatnya di tahun 2017, Mobilio berhasil disalip oleh mobil baru milik Mitsubishi yakni Xpander. Bahkan, saat ditanyakan mengenai pembaruan MPV pemulanya Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy tak mau bicara banyak. “Ditunggu saja ya.” Ungkapnya.

Ertiga terbaru sendiri kabarnya saat ini sudah mulai diuji coba dengan tampilan yang benar-benar baru. Hal ini nampaknya dilakukan Suzuki untuk tetap menjaga eksistensi Ertiga sebagai salah satu MPV jajaran atas yang mampu bersaing dengan beberapa pabrikan lain seperti Toyota dan Honda bahkan Mitsubishi.

Top