Siap-siap!! Mobil Murah Akan Semakin Mahal!!

Kenaikan Harga LCGC – Memasuki tahun 2018, berbagai pabrikan diketahui menaikkan harga beberapa produknya, tak terkecuali pada segmen LCGC. Kenaikan harga tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, mengingat hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan berbagai biaya yang juga mengalami kenaikan.

Kenaikan Harga LCGC

Untuk diketahui, LCGC sendiri merupakan salah satu mobil hasil dari program pemerintah Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2). Awalnya, rata-rata LCGC memang dibanderol dengan harga yang sangat murah bahkan di bawah Rp100 jutaan. Namun seiring waktu, LCGC nampaknya semakin dibanderol tinggi.

Namun demikian, di tahun 2018 hanya dua pabrikan yang diketahui akan menaikkan harga LCGC milikinya yakni Suzuki dan Toyota. Di mana, Suzuki memang memiliki sebuah mobil yang bermain di segmen ini yakni Karimun Wagon R. Kenaikan yang terjadi pada mobil tersebut pun cukup beragam mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 3 jutaan.

Kenaikan harga yang dilakukannya tersebut pun mengindikasikan kepercayaan diri yang tinggi dari Suzuki. Di mana beberapa pabrikan seperti Datsun diketahui memang belum berani untuk memutuskan menaikkan harga jual dari LCGC miliknya. Hal tersebut dapat dimengerti, mengingat Datsun sendiri mencatatkan penjualan yang terbilang kurang baik pada tahun 2017 lalu.

Sementara itu, sang raksasa Toyota yang selama ini diketahui memiliki dua varian LCGC yakni Agya dan Calya pun turut menaikkan harga jual kedua model tersebut. Di mana, kenaikan tersebut diketahui berada pada kisaran Rp 1,4 juta untuk Agya dan Rp 300 ribuan untuk Calya. Kenaikan tersebut memang lebih rendah jika dibandingkan dengan kenaikan yang dialami oleh LCGC milik Suzuki.

Di sisi lain, pabrikan lain seperti Honda dan Daihatsu pun rupanya masih belum berani untuk menaikkan harga jual LCGC nya. Pabrikan tersebut masih tetap mempertahankan harga lamanya, meskipun seperti yang diketahui berbagai biaya penunjang seperti bea balik nama memang mengalami kenaikan.

Beberapa pabrikan yang memilih untuk mempertahankan harga LCGC lawasnya nampaknya memang ingin menjaga konsumennya agar tidak berpindah ke lain hati. Pasalnya, ditengah gempuran berbagai produk yang harganya murah tentu bukan hal mudah untuk menaikkan harga sebuah produk. Apalagi semenjak kedatangan Wuling yang membawa harga dikisaran LCGC meskipun tidak tergolong pada LCGC.

Top