Desainer Terios Sebut Generasi Baru Lebih Irit 30 Persen! Benarkah?

Terios Baru Lebih Irit – Di akhir tahun 2017 yang lalu, Daihatsu resmi merilis pembaruan dari model SUV pemulanya yang 10 tahun tidak diperbarui secara masiv. Peluncuran yang dilakukannya pun sukses menarik perhatian masyarakat otomotif Indonesia. bagaimana tidak, banyak pihak yang menilai jika tampilan Terios baru tersebut terlihat sangat bereda dan lebih segar dibandingkan dengan generasi terdahulu.

Terios Baru Lebih Irit

Di sisi lain, selain tampilannya yang berubah, mesin yang digendongnya pun diketahui berubah. Di mana jika sebelumnya Terios lawas menggunakan mesin 1.5L 3SZ-VE DOHC VVT-I, pada varian baru ini Daihatsu membekalinya dengan 1.5L 2NR-VE DOHC Dual VVT-i. Meskipun beberapa pihak menilai jika mesin pada Terios baru ini memiliki tenaga yang lebih kecil dari varian lawasnya, namun demikian ada satu hal yang patut dibanggakan dari mesin Terios terbaru ini.

Eiji Fujibayashi, Chief Engineer Daihatsu Motor Co. yang juga salah satu arsitek dari produk Terios menyebutkan, efisiensi bahan bakar generasi terbaru lebih baik 20 persen sampai 30 persen. “Bobot lebih berat tapi konsumsi bahan bakar lebih irit. Untuk konsumsi bahan bakar minyak (BBMW) Terios terbaru lebih efisiensi 20-30 persenan,” ujar Fujibayashi yang Mas Sena lansir dari KompasOtomotif.

Tak hanya itu saja, keiritan dari konsumsi bahan bakar Terios baru ini pun sudah dibuktikan dengan sebuah hasil tes konsumsi bahan bakar yang dilakukan oleh Test and Validation Division (R&D) Astra Daihatsu Motor (ADM). “Tes bahan bakar untuk LSUV terbaru Daihatsu ini dilakukan di beberapa kota dan di semua kondisi jalanan. Mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, dengan kontus jalan turun naik, tol, serta lintas Sumatera,” ujar Audi Tarantini, EC Advantage Stage Evaluation Department, Test and Validation Division (R&D) Astra Daihatsu Motor (ADM).

Selain mesinnya yang disebut memiliki tenaga lebih kecil, terios baru yang ditawarkan dalam 7 varian ini pun memiliki kisaran harga yang lebih murah dari generasi lawasnya. Di mana, untuk harga termurahnya dibanderol dengan angka Rp 195 jutaan dan untuk model tertingginya dibanderol dengan angka Rp 247,9 jutaan.