Pesanan Xpander Kian “Brutal”, Pesaing Tidak Khawatir

Persaingan MPV Pemula – Semenjak kedatangan Mitsubishi Xpander di industri otomotif Tanah Air, persaingan segmen MPV memang sedikit berubah. Di mana, semenjak kedatangan mobil tersebut berbagai pabrikan langsung gerak cepat untuk dapat menahan gempuran dari MPV tersebut. salah satunya adalah Daihatsu yang pada akhir tahun lalu resmi memperkenalkan varian baru dari Xenia yakni Xenia Custom.

Persaingan MPV Pemula

Daihatsu Xenia Custom tersebut sendiri membawa bekalan spesifikasi yang sama dengan Xenia varian standar. Hanya saja, pada beberapa bagian mobil tersebut sedikit mengalami perubahan yang membuatnya tampil lebih sporty. Di sisi lain, Xpander yang kini pesanannya semakin mebludak bahkan membuat para konsumennya mengantre rupanya tidak membuat Daihatsu merasa terintimidasi.

Bukan tanpa alasan, pasalnya pada tahun 2017 yang lalu secara keseluruhan penjualan Daihatsu Xenia masih berada di atas Xpander. Namun demikian, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tidak menampik kemungkinan jika nantinya pesaingnya tersebut mampu menyalip Xenia. “Sebenarnya Xpander bukan saingan asli kami atau Xenia. Kami sebenarnya masih di posisi kedua year to date, tapi tahun ini (2018) Xpander full (jualannya) dia pasti akan mengambil alih,” ujar Amelia.

Namun demikian, optimisme Daihatsu terhadap Xenia pun masih tinggi. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat Xpander dan xenia disebut-sebut memiliki tipe konsumen yang berbeda. Di mana, menurut Amelia, pengguna Xenia kebanyakan digunakan untuk bisnis disamping untuk menemani aktivitas pribadi. “Seperti misalnya untuk kendaraan operasional kantor yang irit dan bandel. Daripada investasi yang lebih tinggi dan belum diketahui, mending mereka lebih memilih Xenia. Jadi kami lebih ke fleet customer yang dipakai untuk operasional atau retail customer tapi sudah mengetahui dan nyaman pakai Xenia, terbukti bisa menanjak, irit dan lainnya,” ucap Amelia.

Tak hanya itu saja, biaya operasional dari Xpander dan Xenia yang memiliki perbedaan pun membuat Xenia diyakini masih akan tetap mampu bersaing dan berbicara di segmen ini. “Xpander itu MPV dengan kelas yang berbeda. Secara cost ownership saya juga sudah cek juga sparepart-nya lebih mahal, kan sesuai harganya pastinya dia lebih mahal,” ujar Amelia.

Top