Catatan 2017!! Sedan Terpuruk, Truk Menanjak

Angka Penjualan Mobil Nasional – Sepanjang tahun 2017 yang lalu, berbagai pabrikan otomotif memang diketahui meluncurkan produk terbarunya di berbagai segmen. Tak hanya itu, datangnya Wuling sebagai pemain baru industri otomotif roda empat di Indonesia pun semakin menyemarakkan persaingan antar produsen. Namun demikian, rupanya hal tersebut tidak cukup membuat penjualan secara nasional mengalami peningkatan yang signifikan.

Angka Penjualan Mobil Nasional

Pasalnya, kenaikan penjualan mobil secara nasional pada tahun 2017 yang lalu diketahui cukup tipis jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bahkan, kenaikannya tidak bisa memenuhi target 1,1 juta unit. Secara presentasenya pun terbilang sangat kecil, yakni hanya mencapai 1,6 persen dibanding tahun sebelumnya.

Di sisi lain, jika dilihat dari segmen ataupun model yang paling banyak rupanya MPV masih menjadi favorit mayoritas konsumen Indonesia. hal ini berbanding terbalik dengan sedan yang penjualannya turun drastis. Di mana, pada tahun 2017 hanya ada 9.139 unit mobil berjenis sedan yang terjual. Angka tersebut lebih rendah 34 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 13.832 unit.

Sementara itu, di tengah menurunnya penjualan sedan dan beberapa segmen lain termasuk MPV, segmen kendaraan komersial justru diketahui mencatatkan angka yang positif. Di mana, untuk jenis truk pada tahun 2017 mampu terjual 20.801 unit, naik cukup drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencatatkan angka 10.867 unit. hal tersebut pun berbanding lurus dengan penjualan kendaraan berjenis kabin ganda yang mampu terjual sebanyak 13.667 unit pada 2017 naik sekitas 4000 an unit dibanding 2016.

Kenaikan penjualan di segmen kendaraan komersial tersebut pun sebenarnya bukan tanpa alasan. Mengingat, semakin berkembangnya industri di Tanah Air memang membuat permintaan akan kendaraan operasionalnya pun meningkat. Apalagi dengan datangnya beberapa varian baru dari kendaraan komersil tersebut.

Disamping itu, untuk varian lain yakni LCGC sendiri rupanya mengalami penurunan meskipun tidak signifikan. Di mana, penurunan tersebut mencapai sekitar 1000an unit dibanding tahun 2016. Pasalnya jika pada tahun 2016 segmen LCGC mampu menjual mobil sebanyak 235.171 unit pada tahun 2017 lalu hanya mampu terjual 234.554 unit.