Standar Emisi Euro4 Akhirnya Berlaku September 2018

Emisi Euro4 Berlaku September 2018 – Penerapan emisi dengan gas buang rendah tampaknya akan segera direalisasikan pemerintah pada tahun ini tepatnya pada bulan September 2018. Standar emisi Euro4 sebelumnya sudah banyak dinantikan oleh berbagai produsen mobil untuk mematok jenis mesin yang digunakan.

Emisi Euro4 Berlaku September 2018

Dengan adanya standar emisi Euro4 maka dipastikan gas buang akan semakin turun. Sehingga tidak memberikan dampak buruk pada lingkungan ataupun orang disekitarnya karena kandungan yang tidak membahayakan.

Sebelumnya, di Indonesia menerapkan emisi Euro2 baik untuk mesin bensin maupun diesel. Dan akhirnya menerapkan emisi Euro4 yang akan diterapkan September mendatang yang mulai diberlakukan pada kendaraan dengan bahan bakar bensin. Sedangkan untuk kendaraan dengan mesin diesel akan diberlakukan 4 tahun mendatang.

Hal ini berdasarkan informasi dalam halaman berita liputan6 otomotif menjelaskan bahwa untuk mesin diesel akan ditambah empat tahun setelah bensin, lima tahun setelah SK dikeluarkan oleh KLH.

Pemberlakukan emisi Euro4 ini mulai dilaksanakan setelah adanya pearturan yang sudah ditetapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 mengenai buku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru kategori M, N dan O.

Sedangkan untuk bahan bakar yang sudah diterapkan di Indonesia menunjukkan kabar baik. Pasalnya Pertamina sudah menjual bahan bakar yang sudah sesuai dengan standar emisi Euro4.

Penjualan bahan bakar dengan standar emisi Euro4 tersebut sudah diberlakukan oleh Pertamina sejak Agustus 2017. Bahan bakar tersebut sudah diproduksi oleh Pertamina dengan fasilitas pengelolaan minyak atau kilang yang ada di Indramayu, Jawa Barat.

Bahan bakar produksi Pertamina yang sudah sesuai dengan emisi gas buang (Euro4) adalah Pertamax Turbo. Tentu hal ini menjawab dari Menteri Lingkungan untuk menciptakan bahan bakar yang ramah lingkungan. Disisi lain, terdengar kabar bahwa Pertamina juga memproduksi bahan bakar yang kompatibel dengan standar emisi Euro4 yakni Pertamina Dex. Namun, Pertamina belum memberikan informasi lebih lanjut apakah bahan bakar tersebut sudah mulai dijual tahun lalu atau tidak.

Sampai saat ini, mobil yang masih menggunakan bahan bakar bensin mencapai 80% sedangkan untuk mobil berbahan diesel sekisar 20%.

 

 

Top