Gagahnya BMW R1200GS yang Jadi Moge Baru Polisi

Kepolisian Pakai Moge BMW R1200GS – BMW dikenal sebagai pabrikan otomotif yang tak hanya membuat kendaraan roda empat atau mobil saja namun juga kendaraan roda dua atau sepeda motor. Bahkan, motor-motor dari pabrikan BMW ini diketahui memiliki tampilan yang gahar dan tenaga yang powerfull. Salah satunya adalah BMW R1200GS yang menjadi salah satu motor andalan dari pabrikan ini.

Kepolisian Pakai Moge BMW R1200GS

Baru-baru ini, Kepolisian Republik Indonesia dikabarkan memesan 50 unit BMW R1200GS untuk kepentingan operasional. Tentunya sebagai motor polisi, motor tersebut nantinya akan dimodifikasi dengan tambahan beberapa perlengkapan seperti sirine, pengeras suara, boks di bagian belakang, dan stiker Polri di beberapa bagian bodi.

Kabarnya, varian yang dipesan oleh Polri sendiri merupakan varian R1200GS paling standar yang tidak dijual secara ritel. Di mana, di Indonesia sendiri BMW menjual tiga varian dari seri R1200GS yakni Exclusive, Rallye dan Adventure. Di mana untuk harganya sendiri ketiga varian motor tersebut berada pada kisaran Rp 600- Rp 700 jutaan. Sebagai varian standar yang tidak dijual secara umum, varian yang dipesan Kepolisian tersebut memang disebut-sebut lebih rendah dari ketiga varian tersebut. Hal tersebut mengindikasikan harganya juga lebih murah.

Seperti yang dikatakan oleh Joe Frans, CEO Maxindo Moto sebagai distributor BMW Motorrad di dalam negeri yang mengatakan jika motor yang dipesan Kepolisian tersebut tidak dibekali beberapa fitur seperti ketiga varian tersebut. “(Varian buat polisi) Lebih rendah sedikit dari Rallye. Jadi tidak ada, salah satunya fitur Hill Start Assist (HSA). Bukan dikurangi, tapi HSA itu ada di Rallye dan Exclusive. Jadi itu yang orisinil R1200GS, bisa dibilang basis, tapi tetap saja fiturnya banyak,” jelas Joe yang Mas Sena lansir dari Kompasotomotif.

Jika menilik pada dapur pacunya, varian yang dipesan oleh kepolisian tersebut kabarnya membawa bekalan mesin yang cukup besar. Di mana motor tersebut menggunakan mesin 2-silinder flat twin alias boxer 1.170cc, berpendingin udara dan cairan. Dengan mesin tersebut, motor ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 125 tk dan torsi sebesar 125 Nm.