Daihatsu dan Toyota Mulai Rancang Compact Car

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu – Daihatsu dan Toyota memang saat ini berada di bawah bendera yang sama semenjak akuisisi yang dilakukan Toyota pada Daihatsu. Berbagai proyek pun tercipta semenjak Daihatsu bergabung di bawah bendera Toyota tersebut. salah satunya adalah proyek kolaborasi untuk membuat mobil compact atau yang disebut dengan Emerging-market Compact Car Company(ECCC). Namun, meskipun kolaborasi tersebut memang sudah berjalan lebih dari satu tahun, Daihatsu rupanya masih enggan membocorkan perkembangan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Kolaborasi Toyota Dan Daihatsu

Di Indonesia sendiri Toyota dan Daihatsu sendiri direncanakan sedang merancang mobil kompak dengan mesin kubikasi kecil. Namun demikian, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor menegaskan jika proyek tersebut masih dalam tahap desain sehingga prototypenya pun belum tercipta. “Belum, masih dalam tahap design. Pada prinsipnya itu merupakan proyek bersama untuk jangka panjang Toyota-Daihatsu di masa depan. Untuk produksinya kami belum bisa bicara,” kata Amelia yang Mas Sena lansir dari Liputan6Otomotif.

Namun dirinya berjanji jika nantinya ada perkembangan mengenai proyek ini, pihaknya akan mengumumkan ke publik. Saat ini sendiri pihaknya bersama Toyota masih mempersiapkan segala hal untuk mengejar target-target yang diterapkan. “Dari segi produk, mereka membuat produk yang paling cocok untuk dibuat di virtual company ini dan langsung masuk ke emerging market. Fokus utamanya itu,” pungkasnya.

Daihatsu dan Toyota sendiri di Indonesia berada di bawah naungan Astra motor. Tak heran jika beberapa produknya pun kerapkali merupakan hasil kolaborasi. Seperti pada Avanza dan Xenia atau pun Terios dan Rush. Di mana beberapa varian mobil dari Daihatsu dan Toyota tersebut memiliki kesamaan desain dan mesin diantara keduanya.

Yang terbaru adalah, Terios dan Rush terbaru yang diluncurkan untuk memperbarui varian lawasnya yang selama 10 tahun tidak diperbarui secara masiv. Pembaruan yang dilakukan Toyota dan Daihatsu pada LSUV kembar milik keduanya tersebut pun terbilang cukup sukses menarik perhatian para pecinta otomotif. Di mana, untuk Daihatsu Terios sendiri kabarnya hingga Januari 2018 ini pemesanannya sudah mencapai 4000 unit.