Kunci Stang ke Kanan Persulit Maling?

Kunci Stang ke Kanan – Baru-baru ini, beredar sebuah rekaman cctv atau kamera pengawas yang menampilkan seorang maling yang hendak mencuri kendaraan roda dua. Dalam video tersebut, motor yang menjadi sasaran terlihat dikunci stang ke arah kanan. Sang maling terlihat begitu kesulitan ketika akan membobol kendaraan yang dikunci stang ke arah kanan tersebut. Merasa putus asa, sang maling pun tampak akhirnya meninggalkan lokasi.

Kunci Stang Ke Kanan

Dari video tersebut, beberapa orang menganggap jika sepeda motor yang dikunci stang ke arah kanan akan lebih sulit untuk dibobol. Namun benarkah hal tersebut seperti itu? Beberapa kendaraan diketahui dapat dikunci stang ke arah kanan. Namun ada pula beberapa kendaraan yang hanya bisa dikunci stang ke arah kiri.

Dilansir dari KompasOtomotif, kunci stang ke arah kanan rupanya memang dapat mempersulit ketika ada orang yang memasukan kunci T ke dalamnya. Seperti yang dilakukan Kepala Bengkel Resmi AHASS PT Murni Motor Bogor Haryanto yang mempraktikan sulitnya memasukkan kunci T ke lubang kunci jika setang dikunci ke kanan.untuk diketahui, kunci T merupakan alat bengkel yang sering disalah gunakan oleh para maling untuk melakukan aksinya.

Hal yang berbeda jika kunci stang dilakukan ke arah kiri, di mana lubang kunci tidak tertutup oleh stang. Meskipun sebenarnya, posisi kunci stang kanan pun masih bisa dibobol namun dengan cara yang lebih sulit. “Jadi posisi kunci setang ke kanan sebenarnya lebih bertujuan menghambat kerja maling,” ucap Haryanto.

Di lain sisi, hal tersebut rupanya tidak akan bekerja pada motor sport yang memiliki lubang kunci di bagian atas. Di mana, baik kunci stang kanan maupun kiri lubang kunci tetap bebas dan tidak tertutup setang. Untuk itu, agar para pengguna sepeda motor tetap merasa aman ketika memarkirkan kendaraannya disarankan untuk menggunakan kunci ganda.

Kunci ganda ini sendiri memang membuat sepeda motor lebih aman ketika diparkir. Kunci ganda sepeda motor tersebut sendiri dapat didapatkan dibengkel-bengkel sepeda motor di manapun. Apalagi jika yang digunakan adalah motor sport, maka pemasangan kunci ganda ini begitu disarankan.