Daihatsu Kampanyekan Budaya “Booking Service”

Booking Service Daihatsu – Daihatsu menjadi salah satu pabrikan mobil yang cukup bertaring di persaingan otomotif Indonesia. Tak hanya produknya saja yang banyak disukai oleh para konsumen, layanan purna jual juga menjadi salah satu faktor pabrikan ini mampu bersaing. Seperti diketahui, konsumen saat ini memang ketika membeli kendaraan tidak hanya mempertimbangkan kendaraan tersebut saja, namun pelayanan purna jual hingga persebaran tempat service resminya.

Booking Serviec Daihatsu

Bagusnya layanan aftersales seperti service memang membuat diler-diler service selalu penuh. Hal ini tak jarang membuat para konsumen mengantri untuk menunggu giliran. Daihatsu Indonesia rupanya mulai melakukan edukasi terhadap konsumennya untuk melakukan booking service untuk menghindari antrean yang panjang.

Seperti yang diungkapkan oleh Amelia Tjandra Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM). di mana menurutnya saat ini kesadaran konsumen untuk melakukan booking service di Indonesia masih di bawa 50%. Angka tersebut berbeda jauh dengan di Malaysia, di mana kesadaran konsumen di sana disebut-sebut sudah mencapai 75% untuk melakukan booking service.

Dirinya pun mengaku kagum dengan konsumen Daihatsu di Malaysia yang sudah terbilang tinggi. “Saya kagum dengan Malaysia soal aftersales, di mana booking service di sana tinggi, sampai 75 persen, sementara Indonesia hanya 40 persen dari total pengunjung. Lebih baik lagi Jepang yang sampai 95 persen, di mana memang di sana budaya disiplin sangat tinggi,” ujar Amelia.

Meskipun menurutnya angka 40% yang dicapai dari konsumen Indonesia pun tidak buruk. Namun, pihaknya saat ini berusaha untuk dapat menyampaikan dan membudayakan agar angka tersebut dapat naik. “Angka 40 persen juga tidak buruk, dan kami sedang memikirkan cara yang tepat untuk mengampanyekan itu lagi. Malaysia sendiri butuh empat tahun untuk mencapai 75 persen,” kata Amelia.

Di lain sisi, Supranoto, Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) pun menambahkan jika booking service ini sendiri sebenarnya akan menguntungkan bagi konsumen itu sendiri. Di mana, dengan adanya booking service akan membuat sang konsumen terhindar dari antrean panjang ketika akan melakukan service mobilnya.