Ignis Akan Produksi Lokal Kalau Persyaratan Ini Terpenuhi

Produksi Lokal Ignis – Ignis yang diluncurkan pada tahun 2017 lalu sukses membuat Suzuki kembali terbang dengan nyaman. Penjualanannya yang bahkan belum mencapai satu tahun dinilai sudah cukup baik dengan angka 14.157 unit. Hal ini membuat Ignis merangsek ke jajaran mobil kota paling laris di Indonesia meskipun tatusnya masih sebagai pendatang baru.

Produksi Lokal Ignis

Namun demikian, banyak minat konsumen yang ingin membeli Ignis rupanya belum juga membuat Suzuki memproduksinya secara lokal. Hal ini diungkapkan oleh Donny Ismi Saputra, Marketing Director 4W PT SIS yang mengatakan jika untuk memproduksi Ignis secara lokal membutuhkan investasi yang besar. Selain itu, beberapa pertimbangan pun menjadi alasan lain Ignis masih saja di impor dari luar negeri.

Namun demikian, jika nantinya penjualan Ignis ini mengalami kestabilan tentu Suzuki tidak menutup kemungkinan untuk mengkomunikasikannya dengan kantor pusat Suzuki di Jepang. “Pertama, bagaimana kami bisa sustain market ini di Indonesia, kalau kami jualannya bisa stay atau bertambah, lebih mudah bagi kami untuk negosiasi dengan kantor pusat,” tutur Donny.

Tak hanya itu saja, regulasi juga menjadi pertimbangan lain dari Suzuki untuk dapat memproduksi Ignis secara lokal. “Lalu yang ketiga, arah perkembangan regulasi, ini kaitannya dengan investasi, contohnya dari Euro 2 ke Euro 4, dan isu-isu strategis. Rencana pemerintah dengan investasi ini berkaitan,” ujar Donny.

Di sisi lain, Suzuki Indonesia sendiri sangat menginginkan untuk membawa Ignis ini agar dapat di rakit secara lokal. Pasalnya, hal ini bisa memangkas jalur distribusi yang saat ini cukup panjang. “Kalau bisa harapan kami dalam dua tahun kami finalisasi, karena kalau kelamaan bisa basi,” ucap Donny.

Pada awal tahun 2018 ini Suzuki secara resmi menambah varian baru untuk Suzuki Ignis ini. Di mana varian baru tersebut memiliki desain yang lebih sporty dan mirip dengan salah satu model yang sempat dipamerkan di GIIAS 2017. Dengan datangnya varian baru ini, tentu Suzuki memiliki harapan agar penjualannya semakin baik dan juga meningkat. Meskipun, jika melihat saat ini angka penjualannya pun sudah baik.