Esemka Garuda 1 Terciduk di Angkut, Desainnya Ternyata Mirip Ini!!

Kemunculan Mobil Esemka – Nama mobil Esemka kembali mencuat setelah beredarnya sebuah gambar yang menampilkan sebuah SUV dengan logo dan emblem Esemka. Dalam gambar yang tersebar melalui sebuah aplikasi pesan instan tersebut, terlihat jika mobil tersebut sedang diangkut menggunakan truk towing di sebuah jalanan yang macet.

Kemunculan Mobil Esemka

Dari gambar yang beredar tersebut, memang kita hanya bisa mengetahui bagian belakang dari tampilan mobil tersebut. Di mana terlihat jelas pada bagian buritannya tersebut tersemat logo Esemka pada bagian kiri dan tulisan Garuda 1 pada bagian kanannya. Jika dilihat sekilas, memang mobil ini sepertinya memiliki dimensi yang cukup besar. Hal ini dapat diketahui dari ukuran lebarnya yang sangat mempet dengan lebar mobil towing.

Dengan desain yang cukup gagah tersebut, nampaknya mobil yang digadang-gadang sebagai mobil nasional tersebut memang akan menjadi pesaing dari Pajero ataupun Fortuner. Namun, di sisi lain rupanya jika dilihat secara mendetail mobil ini terlihat mirip dengan salah satu SUV asal China yakni Foday Landfort.

Di mana, jika kita lihat bagian belakangnya  Foday Landfort memiliki desain pintu, lampu belakang, dan penempatan logo serta emblem yang sama seperti pada Esemka Garuda 1. Namun demikian, hal ini masih belum dikonfirmasi oleh pihak Esemka sendiri.

Untuk diketahui Foday Landfort sendiri ditawarkan dalam dua varian mesin yakni mesin bensin berkapasitas 2,4 liter dan mesin diesel 1,9 liter. Sementara itu, untuk sistem penggeraknya sendiri menggunakan sistem penggerak all wheel drive (AWD) dan rear wheel drive (RWD).

Di sisi lain, untuk harganya sendiri di Tiongkok Foday Landfort ini sendiri dibanderol dengan kisaran harga 120.000 to 160.000 yuan angka tersebut jika dirupiahkan akan berada pada kisaran 250 – 400 jutaan. Harga tersebut dirasa cukup sebanding jika kita melihat penampakan dari Foday Landfort.

Sementara itu, di lain sisi rebrand atau rebadge sendiri memang menjadi hal yang biasa dalam dunia otomotif. Pasalnya, hal ini juga kerap dilakukan oleh pabrikan mobil nasional negeri tetangga. Di mana Proton yang notabene merupakan mobil merek nasional Malaysia kerapkali melakukan rebadge atau rebrand mobil-mobil dari pabrikan lain. salah satunya adalah Suzuki Ertiga buatan pabrik Cikarang yang di rebrand menjadi berlogo Proton.

Top