Jadi Tujuan Jumpa Fans Pembalap, Kapan Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP?

Moto GP Indonesia – Indonesia memang menjadi salah satu negara yang memiliki fans MotoGP terbanyak di dunia. Tak heran jika setiap pergantian musim MotoGP banyak pembalap yang berbondong-bondong untuk datang ke tanah Air hanya untuk sekedar berjumpa dengan fansnya. Hal ini tentu tidak bisa dilepaskan dari banyaknya pengguna sepeda motor di Indonesia.

Moto GP Indonesia

Menjelang bergulirnya musim balap 2018, setidaknya sudah ada enam pembalap MotoGP dari tiga tim yang berkunjung ke Tanah Air untuk menyapa penggemarnya. Di awali dengan kedatangan Valentino Rossi dan Vinnales dari Yamaha yang beberapa waktu lalu mampir ke Indonesia untuk merilis skutik terbaru Yamaha.

Kemudian selang beberapa saat, Lorenzo dan Dovizioso dari Tim Ducati juga berkunjung ke Indonesia untuk menemui para fansnya. Yang terbaru adalah dua pembalap dari Suzuki yakni Andrea Iannone dan Alex Rins yang juga datang untuk menyapa para fansnya di Tanah Air. Tingginya minat masyarakat terhadap ajang balap roda dua internasional tersebut sempat digadang-gadang digelar di Indonesia.

Di mana, pada tahun 2016 yang lalu sempat dikabarkan jika pada 2018 Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah dari ajang gelaran MotoGP. Sayangnya, minimnya fasilitas yang dapat mendukung gelaran acara tersebut khususnya sirkuit membuat penggemar MotoGP Indonesia harus puas menonton melalui layar kaca.

Bahkan, alih-alih menjadi tuan rumah di tahun 2018, Indonesia justru kalah cepat dari Thailand yang telah dikonfirmasi akan menggelar salah satu seri MotoGP di 2018 ini. Thailand pun menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang menggelar ajang balap internasional ini setelah Malaysia.

Indonesia sendiri sebenarnya pernah menjadi salah satu tuan rumah dari ajang gelaran ini pada beberapa tahun yang lalu. Namun, karena saat ini sirkuit yang ada dianggap tidak memenuhi kelayakan untuk MotoGP sehingga membuat Indonesia semakin jauh dari tuan rumah MotoGP.

Di lain sisi, kabarnya beberapa waktu yang lalu sebuah sirkuit balap internasional sedang dipersiapkan di Sumatera Selatan untuk dijadikan tempat berlangsungnya Moto GP atau bahkan F1 kedepannya. Belum diketahui, kapan sirkuit tersebut akan siap untuk menggelar ajang tersebut, kita nanti saja.